Ahad 14 Feb 2021 17:42 WIB

Rektor Unhan: Bung Karno dan Ulama Jadi Tonggak Pertahanan

Proklamator RI itu memiliki visi yang sangat kuat bagaimana Indonesia ke depan.

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksmana Madya Amarulla Oktavian
Foto: iatimewa
Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksmana Madya Amarulla Oktavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksmana Madya Amarulla Oktavian mengatakan para tokoh Pembela Tanah Air (Peta) menjadi dasar bagi TNI untuk mempertahankan keamanan negara dan keutuhan NKRI hingga masa depan.

Di balik pendirian Peta itu, kata Amarulla, terdapat tiga unsur penting, yaitu Bung Karno, tokoh ulama, dan Jepang. Ketiga pihak tersebut mendirikan Peta yang bertransformasi menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dewasa ini.

Baca Juga

"Saat itu 1943 ada tiga unsur utama yang berperan, yaitu peran ulama Islam, Bung Karno yang saat itu belum menjabat sebagai presiden, kemudian peran tentara Jepang," kata Amrulla saat menjadi pembicara dalam acara peringatan Peta Ke-76 Peta yang diselenggarakan Yayasan Peta secara virtual pada Ahad (14/2).

Menurut dia, unsur ulama Islam diwakili oleh KH Mas Mansyur dan Gatot Mangkoepradja. KH Mas Mansyur merupakan tokoh Muhammadiyah yang juga salah satu anggota Empat Serangkai Putera itu membawa suara kaum santri.

 

Sedangkan Gatot Mangkoepradja menulis seracik surat kepada Panglima Tentara Jepang untuk membentuk barisan pemuda lokal untuk membela Tanah Air. Tentara Jepang kemudian membentuk penjabaran teknis dari Tokyo untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serbuan pasukan sekutu.

"Di dalam surat itu yang sangat heroik adalah tinta yang digunakan itu berasal dari darah Raden Mangkoepradja sendiri," jelas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement