Ahad 14 Feb 2021 16:16 WIB

9 Drama Korea Bertema Futuristik dengan Alur Cerita Unik

Drama Korea berikut ini cocok untuk Anda pencinta genre fiksi ilmiah dan romansa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Serial drama
Foto: KBS2.
Serial drama

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sekilas gambaran tentang masa depan dapat Anda dapatkan dari sejumlah tayangan seperti film maupun serial. Selama ini, drama Korea banyak mengangkat tema tentang percintaan antara si kaya dan si miskin, si pupuler dengan si biasa, atau cinta antara dua manusia dengan kepribadian berbeda.

Namun, pernahkan memikirkan tentang kemungkinan kisah cinta antara manusia dan AI (teknologi kecerdasan buatan)? Jika Anda penggemar genre fiksi ilmiah, fantasi romansa, cerita cinta di dunia distopia, atau sekadar mencari pelarian singkat, berikut beberapa rekomendasi drama Korea yang bisa Anda nikmati, seperti dilansir di Soompi, Ahad (14/2):

1. "My Holo Love"

Seoyeon (Go Sung-hee) memiliki masalah dalam mengenali wajah sehingga membuatnya kesepian. Dia tetap bersikap tegas dan menampilkan diri sebagai seseorang yang tidak peduli menjalin hubungan dekat.

Seoyeon menjadi penguji beta untuk AI Holo, yang bisa dilihat setiap kali memakai kaca mata kecerdasan buatan. Holo diprogram untuk bertindak dan berpikir seolah dia memiliki perasaan, tetapi itu tidak seharusnya menjadi perasaan yang sebenarnya.

Keduanya menjadi dekat saat Holo menjadi sumber kenyamanan dan pendamping bagi Seoyeon. Namun tanpa sepengetahuan Seoyeon, Holo terlihat persis seperti penciptanya (keduanya diperankan Yoon Hyun-min), yang tertarik padanya.

Akankah Seoyeon memilih orang yang sebenarnya di balik AI, ketika Holo sendiri mulai mengembangkan emosi dan perasaan seperti manusia untuknya? Drama tersebut bertanya tentang, "Bisakah manusia dan AI jatuh dalam cinta yang tidak sempurna?"

2. "Are You Human?"

Dalam serial drama "Are You Human?" seorang ilmuwan terkenal dan ahli kecerdasan buatan menciptakan robot AI yang meniru putranya (keduanya diperankan oleh Seo Kang-joon), yang sedang terbaring koma. Ilmuwan itu adalah anggota keluarga kaya.

Dia menciptakan anak android untuk mempertahankan posisinya dalam bisnis dan mengeklaim warisan. Seorang pengawal wanita (Gong Seung-yeon) curiga terhadap android tersebut saat mencoba melindunginya dari orang-orang yang mencoba membunuh ahli waris yang sebenarnya. Dengan robot yang dibuat berpenampilan dan presisi yang lebih realistis akhir-akhir ini, mungkin saja kita memasuki era di mana akan sulit mengetahui apakah kita berinteraksi dengan manusia atau dengan AI yang mirip manusia.

3. "Absolute Boyfriend"

Dalam drama "Absolute Boyfriend", Dada (Minah) adalah penata rias profesional yang diam-diam berkencan dengan seorang selebritas (Hong Jong-hyun) selama beberapa tahun sampai memutuskan putus dengannya. Putus asa oleh usaha tak berbalas dalam cinta, Dada bersumpah tidak pernah tertarik menjalin hubungan, sebelum akhirnya bertemu seorang humanoid bernama Zero Nine (Yeo Jin-goo).

Drama itu bercerita tentang kemungkinan cinta antara manusia yang letih dan robot yang manusiawi, sambil juga mencoba-coba masalah robotika yang berasimilasi dengan manusia. Serial itu menunjukkan kepada kita sekilas tentang bagaimana kencan di masa depan?

4. "Bong Soon: A Cyborg in Love"

Drama yang terdiri atas 12 episode itu bercerita tentang seorang programmer komputer bernama Joo Sung (Kyuhyun) dan seorang wanita cyborg bernama Bong Soon (Yoon So-hee) yang diprogram untuk menutup diri begitu dia merasakan emosi cinta. Bong Soon berpikir, berpenampilan, dan bertingkah laku seperti manusia, itu sebabnya Joo Sung jatuh cinta padanya. Drama itu memiliki beberapa momen manis dan juga sedih, ketika para karakter mencoba mengatasi rintangan ketidakmungkinan situasi itu.

5. "Borg Mom"

Dalam "Borg Mom," seorang pria yang bekerja di bidang kecerdasan buatan (Yang Dong-geun) mengembangkan ibu cyborg (Park Han-byul) untuk membantunya mengurus keluarga, setelah istrinya meninggal. Robot itu adalah istri 'sempurna' yang memiliki kemampuan AI terbaik dan melakukan segalanya dengan efisiensi 100 persen.

Namun selain melakukan pekerjaan rumah, dia yang terbaik dalam melindungi dan merawat 'putranya', Choi Yool (Jo Yeon-ho) dan membuatnya merasa dicintai. Dia bertemu dengan ibu elite dan pemeliharaan tinggi dari sekolah anaknya, tempat tantangannya dimulai. Ini adalah jenis cinta yang berbeda, di mana cyborg jatuh cinta pada sebuah keluarga.

6. "Love Alarm"

Kencan dan semua seluk-beluknya telah berubah selama bertahun-tahun. Ditambah dengan teknologi dan perspektif yang lebih berpikiran terbuka, menemukan pasangan Anda sekarang dapat dilakukan hanya dengan satu klik.

Drama ini bercerita tentang aplikasi yang memberi tahu Anda ketika seseorang di sekitar menyukaimu. Aplikasi itu melewatkan seluruh proses kencan, karena Anda cukup yakin bahwa orang yang berada dekat memiliki perasaan.

Seorang siswa sekolah menengah bernama Kim Jojo (Kim So-hyun) terlibat kisah rumit dengan dua pria, Lee Hye-young (Jung Ga-ram) dan Hwang Sun-oh (Song Kang). Kedua pria itu jatuh cinta pada Kim Jojo.

7. "W"

Serial drama "W" bukan tentang android yang jatuh cinta dengan manusia, tapi karakter webtoon dari alam semesta alternatif yang mengembangkan perasaan untuk seseorang yang tinggal di dunia modern yang nyata. Dia memiliki semua elemen drama fiksi ilmiah atau fantasi mendebarkan yang membuat Anda tetap tenang.

Karakter utamanya, Kang Chul (Lee Jong-suk), mencari keadilan bagi keluarganya. Nasibnya berseberangan dengan putri ilustrator webtoon, Oh Yeon-joo (Han Hyo-joo) ketika dia secara misterius memasuki dunia komik.

8. "Memories of Alhambra"

Berbicara tentang dunia alternatif, drama ini memiliki sesuatu yang sangat mirip, yaitu bolak-balik antara game augmented reality dan dunia nyata. CEO Yoo Jin-woo (Hyun Bin) melakukan perjalanan ke Spanyol untuk menangkap pencipta gim AR terkenal dan sulit dipahami tentang pertempuran abad pertengahan di Alhambra.

Di sana, Yoo Jin-woo bertemu Jung Hee-joo (Park Shin-hye), mantan gitaris yang menjadi pemilik hostel. Jin Woo menguji gim tersebut dengan pertarungan pedang dan duel, tetapi kesalahan dalam program tersebut menyebabkan insiden misterius yang akan menyatukannya dan Hee Joo. Akankah mereka keluar hidup-hidup? Ada gim, teknologi, kisah cinta, petualangan, dan keajaiban yang semuanya dikemas dalam satu drama.

9. "My Love from the Star"

Drama ini memiliki alur yang tidak terduga, yakni romansa antara alien atau bentuk kehidupan lain (Kim Soo-hyun) dan selebritas terkenal (Jun Ji-hyun). Ceritanya adalah gado-gado poin plot yang tidak bisa tak disukai. Drama ini menceritakan kisah cinta yang melampaui waktu dan ruang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement