Ahad 14 Feb 2021 11:54 WIB

Orang Yahudi Masuk Tanpa Izin dan Menodai Pemakaman Muslim

Pemakaman orang Muslim dinodai orang Yahudi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Orang Yahudi Masuk Tanpa Izin dan Menodai Pemakaman Muslim. Foto: Pandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat di Ma
Foto: AP / Oded Balilty
Orang Yahudi Masuk Tanpa Izin dan Menodai Pemakaman Muslim. Foto: Pandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat di Ma

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM --- Sekelompok Yahudi Israel masuk tanpa kzin ke area pemakaman yang berada tepat di bawah tembok kota tua Yerusalem. Bahkan orang-orang Yahudi itu pun menodai pemakaman Muslim di lokasi tersebut. Seperti dilansir kantor berita WAFA pada Ahad (14/2) anggota komite yang bertanggung jawab atas area pemakaman Muslim di Yerusalem, Munther Siam mengatakan orang-orang Israel awalnya berjalan melalui pemakaman Muslim yang lebih dikenal sebagai pemakaman Bab Al Rahma. Lokasi itu kini berada di bawah perlindungan aparat. Lokasinya berada sebelum gerbang Lions, salah satu gerbang menuju kota tua yang digunakan melakukan ritual orang Yahudi yang berada dekat dengan pemakaman tersebut. 

Juru bicara komite pemakaman, Ahmad Sumrein mengatakan bahwa para penduduk Silwan yang tinggal di sekitar pemakaman Muslim itu mencoba menghadapi orang-orang Yahudi fanatik itu dan memaksa mereka meninggalkan kuburan. "Ini bukan pertama kalinya kaum fanatik Yahudi masuk tanpa izin ke kuburan, sebelumnya mereka mengadakan pesta di sana," kata Sumerin. 

Baca Juga

Pemakaman Muslim itu berada di bawah gerbang Bab Al Rahma yang mengarah ke kompleks Al Haram Al Sharif, situs suci dalam Islam yang di dalamnya terdapat Masjid Al Aqsa, Kubah Batu Emas serta bangunan lainnya. 

Orang-orang Yahudi Israel sering berkumpul di gerbang itu, mereka terkadang mengadakan ritual yang melanggar aturan tentang larangan non Muslim menggelar kegiatan keagamaan di dalam atau dekat dengan tempat-tempat suci Muslim. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement