Ahad 14 Feb 2021 11:44 WIB

Cara Mudah Agar Bisa Menabung Lebih Banyak

Biasakan untuk tidak menyimpan uang hanya di satu rekening.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Menabung (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Menabung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak informasi mengenai cara menabung yang tersedia. Sebagian di antaranya mungkin hanya sekadar gimmick, namun sebagian lainnya benar-benar berguna ketika diterapkan.

Pada dasarnya, kunci penting dalam menabung adalah mempermudah diri sendiri. Metode menabung yang digunakan sebaiknya baik secara mental dan sederhana dalma pelaksanaanya.

Seperti dilansir di laman Business Insider pada Ahad (14/2), ada tiga cara yang dapat mempermudah seseorang untuk menabung lebih banyak. Cara ini cocok diterapkan untuk orang-orang yang memang memiliki pendapatan lebih untuk ditabung. Besaran uang yang ditabung dapat disesuaikan dengan kemampuan dan pendapatan yang dimiliki.

1. Penyimpanan otomatis

Menyisihkan uang secara manual untuk ditabung setiap bulan atau pekan, akan membutuhkan lebih banyak usaha. Termasuk, usaha melawan keinginan untuk membelanjakan uang yang akan ditabung.

Manfaatkan layanan tabungan berjangka yang akan mengalihkan sebagian saldo tabungan secara otomatis setiap bulan ke akun tabungan terpisah. Cara ini akan sangat menghemat waktu untuk menabung dan mempermudah seseorang untuk mencapai target tabungan secara konsisten.

2. Menabung dengan tujuan

Menabung akan lebih mudah dilakukan bila seseorang memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini akan membuat seseorang terus termotivasi untuk menabung.

Tujuan menabung bisa berupa apa saja, besar atau kecil. Sebagai contoh, menabung untuk membeli rumah, mobil baru, atau hanya sekadar ingin mengumpulkan dana darurat dengan besaran tertentu.

3. Miliki beberapa akun tabungan

Menyimpan semua uang di satu akun tabungan memang lebih memudahkan dan nyaman. Namun di sisi lain, cara ini juga akan dengan mudah menggoda seseorang untuk menggunakan uang tersebut secara boros.

Sediakan satu akun tabungan berbeda untuk uang simpanan. Hindari melakukan transaksi atau berbelanja dari akun tabungan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement