Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Jay-Z dan Tina Turner Masuk Daftar Rock & Roll Hall of Fame

Ahad 14 Feb 2021 11:39 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

The Rock & Roll Hall of Fame mengumumkan nominasi terbarunya,  terdiri dari 16 artis dan grup mulai dari Jay-Z, hingga wanita perintis grup gelombang baru The Go-Go's ke ratu rock and roll sendiri, Tina Turner.

The Rock & Roll Hall of Fame mengumumkan nominasi terbarunya, terdiri dari 16 artis dan grup mulai dari Jay-Z, hingga wanita perintis grup gelombang baru The Go-Go's ke ratu rock and roll sendiri, Tina Turner.

Foto: EPA
The Rock & Roll Hall of Fame mengumumkan nominasi terbarunya.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- The Rock & Roll Hall of Fame mengumumkan nominasi terbarunya. Nominasi tersebut terdiri dari 16 artis dan grup mulai dari Jay-Z, hingga wanita perintis grup gelombang baru The Go-Go's ke ratu rock and roll sendiri, Tina Turner.

Nominasi 2021 juga termasuk Kate Bush, Devo, Foo Fighters, Mary J. Blige, Iron Maiden, Chaka Khan, Fela Kuti, LL Cool J, New York Dolls, Rage Against the Machine, Todd Rundgren dan Dionne Warwick. Agar dapat dianggap memenuhi syarat, artis atau band harus telah merilis rekaman komersial pertama mereka setidaknya 25 tahun yang lalu, dilansir di NPR, Ahad (14/2).

Dari nominasi tahun ini, tujuh musisi adalah yang pertama kali mengikuti pemungutan suara. Beberapa di antaranya adalah artis yang muncul di tahun 1990-an, dan beberapa artis lama yang belum masuk daftar nama Rock Hall. 

Foo Fighters dan Jay-Z adalah satu-satunya artis yang muncul di pemungutan suara di tahun pertama mereka memenuhi syarat. Enam nominasi adalah wanita, peningkatan kecil mengingat kritik seputar kelas 2020. Tahun lalu hanya ada tiga wanita dinominasikan dan hanya satu yang dilantik, almarhum Whitney Houston.

Beberapa nominasi wanita tahun ini telah dianugerahi  Carole King dilantik dengan Gerry Goffin sebagai non-performer pada tahun 1990, dan Tina Tuner dengan Ike Turner pada tahun 1991.

Saat ini, wanita membentuk sekitar 8 persen dari Rock & Roll Hall of Fame, sementara banyak wanita yang memenuhi syarat seperti Dolly Parton, Mariah Carey, Grace Jones, Roberta Flack, The Chicks dan Kylie Minogue, belum dinominasikan. Pelantikan 2021 akan diumumkan pada Mei, dan upacara akan berlangsung di Cleveland musim gugur ini.

Daftar Lengkap Nominasi Rock & Roll Hall of Fame 2021:

- Mary J. Blige
- Kate Bush
- Devo
- Foo Fighters
- The Go-Go's
- Iron Maiden
- Jay-Z
- Chaka Khan
- Carole King
- Fela Kuti
- LL Cool J
- New York Dolls
- Rage Against The Machine
- Todd Rundgren
- Tina Turner
- Dionne Warwick

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA