Jumlah Penumpang di Terminal Pulogebang Menurun

Red: Bilal Ramadhan

Suasana sepi di Terminal Pulogebang, Jakarta
Suasana sepi di Terminal Pulogebang, Jakarta | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, libur Imlek 2021 menurun dibanding sehari sebelumnya.

"Untuk hari libur Imlek sekarang ini ada 15 unit bus yang datang dengan jumlah penumpang 65 orang. Kalau yang berangkat 69 bus dengan jumlah penumpang 402 orang," kata Komandan Regu Operasional Terminal Pulogebang, Mahbud.

Jumlah penumpang, kata Mahbud, berkurang drastis dari sehari sebelumnya, Kamis (11/2) dengan jumlah keberangkatan bus sebanyak 187 unit dan penumpang 1.417 orang.

Mayoritas penumpang, kata dia, menyasar tujuan yang relatif dekat seperti dalam Pulau Jawa maupun Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Sekarang ini penumpangnya memang agak menurun karena faktor pengetatan aturan protokol kesehatan," katanya.

Pengetatan tersebut di antaranya berupa kewajiban penumpang untuk memiliki kartu kewaspadaan atau Health Alert Card (HAC) dan pemeriksaan menggunakan alat GeNose untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Mereka yang akan melakukan perjalanan dalam negeri wajib memiliki HAC dan juga dites dengan alat GeNose," katanya.

Kartu HAC dapat diunduh melalui aplikasi electronic Health Alert Card (eHac) di Google atau Apple Store serta dapat diakses melalui inahac.kemkes.go.id. Sedangkan penggunaan alat pendeteksi Covid-19 buatan ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) dipergunakan untuk penumpang yang tidak dilengkapi dengan surat kesehatan maupun HAC.

"Penurunan penumpang kali ini relatif sedikit. Penyebabnya dia (penumpang) harus tes GeNose dan bawa surat sehat," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Libur Imlek, Terminal Pulogebang Sepi

Hari Raya Imlek, Vihara Dharma Bhakti Batasi Pengunjung

Jam Gadang dan Objek Wisata Bukittinggi Tutup Selama Imlek

Pemprov DKI Jamin Bandeng Dijual di Pasar Bebas Formalin

Vihara Tertua di Banten Tiadakan Perayaan Imlek

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image