Ahad 14 Feb 2021 07:28 WIB

Mengambil Manfaat Vitamin K Bagi Kesehatan Jantung

Vitamin K adalah faktor kunci dalam menjaga jantung dan tulang tetap kuat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Vitamin K adalah faktor kunci dalam menjaga jantung dan tulang tetap kuat.
Foto: picpedia.org
Vitamin K adalah faktor kunci dalam menjaga jantung dan tulang tetap kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memilih makanan, Anda mungkin menyadari pentingnya nutrisi seperti vitamin B dan C. Namun, apakah Anda mendapatkan cukup vitamin K?

Vitamin K adalah faktor kunci dalam menjaga jantung dan tulang tetap kuat, seiring bertambahnya usia. Faktanya mendapatkan cukup vitamin K setiap hari dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan.

Baca Juga

Apa manfaat kesehatan dari vitamin K?

Vitamin K sangat penting untuk kesehatan jantung dan tulang. Salah satu fungsi paling umum yaitu membantu proses pembekuan darah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin K juga penting untuk mencegah pengapuran arteri.

Kondisi ini adalah di mana arteri mulai menunjukkan tanda-tanda penumpukan kalsium yang dapat mengeras seiring waktu dan mempersulit darah kaya oksigen untuk masuk ke tubuh. Dalam beberapa kasus, kondisi itu dapat menyebabkan serangan jantung dan masalah kardiovaskular yang berpotensi fatal lainnya. Para ilmuwan sedang mempelajari peran vitamin K dalam pencegahan osteoartritis, yang mempengaruhi lebih dari 32 juta orang dewasa Amerika.

Bagaimana mendapatkan lebih banyak vitamin K dalam makanan?

Ada berbagai bentuk vitamin K. Penting untuk makan berbagai makanan yang mengandung jenis yang berbeda untuk diet seimbang. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, lobak Swiss, romaine, dan peterseli semuanya memiliki lebih dari jumlah yang direkomendasikan harian dari phylloquinone, atau vitamin K1 hanya dalam satu porsi.

Sayuran seperti kubis Brussel, kubis, kacang hijau, dan brokoli juga harus berada di urutan teratas daftar makanan, jika menginginkan vitamin K1. Selain itu, Anda bisa menambahkan vitamin K ke dalam makanan dari daging sapi, ayam, serta telur dan berbagai keju.

Semuanya mengandung vitamin K2, yang lebih dikenal sebagai menaquinone. Buah-buahan seperti alpukat, kiwi, blackberry, dan blueberry juga dapat memberikan nutrisi tambahan. Para peneliti masih dalam tahap awal untuk memahami betapa pentingnya vitamin K untuk fungsi tubuh berbeda.

Akan tetapi, tidak ada salahnya memastikan Anda mengonsumsi cukup setiap hari, baik melalui diet atau multivitamin. Dengan begitu, kondisi kesehatan jantung dan tulang tidak pernah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement