Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Ustaz Baasyir Nostalgia dengan Kiai Gontor

Sabtu 13 Feb 2021 20:50 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Fakhruddin

Ustaz Baasyir Silaturrahim ke Gontor dan Tebuireng

Ustaz Baasyir Silaturrahim ke Gontor dan Tebuireng

Foto: istimewa
Ustaz Ba’asyir memang merupakan salah satu alumni Pesantren Gontor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abu Bakar Ba'asyir melakukan kunjungan ke pesantren Darussalam Gontor dan Tebuireng pada Kamis (11/2) lalu. Salah satu pimpinan pesantren, KH Hasan Abdullah Sahal mengatakan, kunjungan Ustaz Ba’asyir ke pesantrennya hanya untuk silaturrahim, ziarah kubur, dan juga bernostalgia.

“Ziarah kubur sama kita, itu kan sekelas saya dulu, saya kelas biasa dia kelas eksperimen,” ujar Kiai Hasan saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (13/2).

Ustaz Ba’asyir memang merupakan salah satu alumni Pesantren Gontor. Karena itu, Kiai Hasan dan Ustaz Ba’asyir bernostalgia saat menjadi sama-sama santri dulu. Menurut dia, tidak ada perbincangan yang sangat serius dalam pertemuan tersebut.

Selain itu, menurut dia, Ustaz Ba’asyir juga tidak lama berada di Gontor, hanya sekitar satu jam. “Gak ada kumpul-kumpul, gak ada acara. Cuma cerita-cerita biasa membahas kenang-kenangan dulu. Ngobrol nostalgia saja waktu zaman itu,” kata Kiai Hasan Abdullah.  

Diinformasikan, pada Kamis (11/2) pukul 05.30 WIB rombongan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir bertolak dari pondok pesantren Al Mukmin Ngruki menuju pondok pesantren Darussalam Gontor. Yakni pondok pesantren yang di dirikan sebelum Indonesia merdeka sekitar tahun 1926.

Tidak hanya pesantren Darussalam Gontor saja yang menjadi tujuan lawatan silaturahminya pada Kamis (11/2). Beliau juga silaturahim ke pondok pesantren yang lebih tua dari Gontor, yakni pesantren Tebu Ireng yang didirikan oleh tokoh Nahdlatul Ulama (NU) penyeru Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari pada tahun 1899.

Ustaz Abu Bakar Ba'asyir beserta keluarga didampingi pimpinan pesantren Ustaz Yahya Abdurahman selaku Mudir Pesantren Al Mukmin Ngruki. Kemudian ikut juga dua pembantu mudir Ustaz Munirul Haq dan Ustaz Abdul Rahman Shobari. Turut mendampingi pula beberapa tim management Ustaz Abu Bakar Ba'asyir dalam lawatan silaturahmi tersebut.

Rombongan tiba di Gontor pukul 09.00 WIB, Gontor ini pesantren tempat Ustaz Abu Bakar Ba'asyir menimba ilmu. Rombongan disambut dengan senyum hangat pimpinan pesantren, KH Hasan Abdullah Sahal, Prof KH Amal Fathullah Zarkasyi dan KH Akrim Mariyat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA