Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Maksimalkan Penggunaan Teknologi untuk Munculkan Ide Kreatif

Sabtu 13 Feb 2021 08:39 WIB

Red: Irwan Kelana

Penting sekali bagi dosen membuat video pembelajaran yang menarik.

Penting sekali bagi dosen membuat video pembelajaran yang menarik.

Foto: Dok UBSI
Kemajuan dalam bidang  TIK berdampak sangat besar dalam dunia pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi sebagai suatu yang mampu memberikan kemudahan dalam berbagai aspek. Di bidang pendidikan, teknologi juga mampu memberikan pengaruhnya yang cukup besar. Kedua hal ini menjadi semakin tak dapat dipisahkan karena perannya yang saling berhubungan satu sama lain.

Beberapa manfaat dari penggunaan teknologi di bidang pendidikan telah dirasakan. Bukan hanya oleh siswa atau mahasiswa saja, melainkan juga oleh tenaga pendidik salah satunya dosen. Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) baru-baru ini sukses melaksanakan workshop bagi dosen kampus Universitas BSI bertajuk ‘Menumbuhkan Ide Kreatif Melalui Video Pembelajaran’

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan dosen secara daring itu menghadirkan pemateri, Adi Supriyatna selaku dosen Universitas BSI dan juga merupakan kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA). 

Menurut Kepala Program Studi (Kaprodi) Manajemen Universitas BSI, Ida Zuniarti, kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi  (TIK) berdampak sangat besar dalam dunia pendidikan. Sebagai insan pendidik, dosen dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam pendidikan untuk dapat memperkaya metode dan teknik pembelajaran serta munculkan ide kreatif.

“Untuk mendukung terlaksananya proses belajar, seorang dosen harus mampu berkreasi dengan memaksimalkan penggunaan  teknologi.  Salah satunya dengan membuat video pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa dapat mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik,” kata  Ida, Selasa (9/2).

Ida berharap para dosen khususnya dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) kampus BSI dapat menuangkan ide-ide kreatifnya dalam workshop video pembelajaran ini.

"Semoga para peserta dapat mengambil sisi manfaat dari workshop video pembelajaran ini, karena pemateri juga langsung mempraktikkan langsung bagaimana cara membuat video pembelajaran menjadi efektif," katanya.

Adi Supriyatna, pemateri workshop kampus BSI, menyampaikan bahwa video pembelajaran sebagai suatu kebutuhan pada saat ini dan dosen juga akan terbantu dalam menjelaskan tentang materi perkuliahannya.  Ada beberapa manfaat penggunaan teknologi dalam pembuatan video pembelajaran. Di antaranya,  dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik, dapat melampaui batasan ruang kelas, dan dapat interaksi langsung antara mahasiswa dengan lingkungannya.

“Tujuan dari pembuatan video pembelajaran ini tidak lain untuk membantu dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan secara daring. Juga membuat mahasiswa agar lebih memahami materi yang disampaikan dosen,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk membuat video pembelajaran yang baik dibutuhkan perangkat aplikasi software pendukung serta teknik keahlian dalam menuangkan ide.

“Dalam pembuatan video pembelajaran perlu menggunakan beberapa jenis aplikasi seperti camtasia, video editor, filmora, power point dan sebagainya, juga ditambah dengan sedikit keahlian untuk berkreasi menuangkan ide kreatif dalam pembuatan videonya,” ujarnya.

Eigis Pamularso salah seorang dosen mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya. Dirinya kini paham tentang cara pembuatan video pembelajaran yang menarik.

“Senang sekali dapat ilmu yang bermanfaat dan ini penting khususnya buat saya dalam mengaplikasikan model video pembelajaran yang lebih menarik lagi,” kata Eigis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA