Sabtu 13 Feb 2021 01:44 WIB

Kalbe Sediakan Obat Fluvir untuk Terapi Covid-19

Fluvir adalah salah satu obat antivirus yang termasuk dalam terapi Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) bekerjasama dengan PT Amarox Global Pharma (Amarox), anak perusahaan Hetero, suatu perusahan farmasi generik terkemuka di India, untuk memasarkan obat Fluvir (Oseltamivir) di Indonesia. Fluvir (Oseltamivir) adalah salah satu obat antivirus yang termasuk dalam terapi Covid-19.

Obat ini diindikasikan untuk terapi pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Terutama dengan dugaan infeksi influenza, berdasarkan Pedoman Tatalaksana Covid 19 di Indonesia edisi terbaru. Penggunaan obat Fluvir untuk pasien Covid 19 harus dengan rekomendasi dari dokter.

Baca Juga

Kerja sama antara Kalbe dan Amarox ini bertujuan untuk meningkatkan akses Fluvir bagi pasien Covid 19 di seluruh Indonesia. PT Amarox Pharma Global telah mendapatkan Persetujuan Registrasi atau Nomor Izin Edar (NIE) untuk Fluvir dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) sehingga dapat dipastikan bahwa obat tersebut aman, berkhasiat dan bermutu.

Amarox dan Kalbe sebelumnya telah berkolaborasi dalam meluncurkan obat antivirus Covifor (Remdesivir) untuk pengobatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat. Covifor (Remdesivir) direkomendasikan oleh dokter dan telah digunakan di banyak rumah sakit di seluruh Indonesia.

 

“Menyadari impak pandemi Covid 19 yang menyeluruh, PT Amarox Pharma Global (Hetero) berkolaborasi dengan Kalbe untuk melakukan pemasaran bersama Fluvir (Oseltamivir) di Indonesia”, ujar Sandeep Sur, Country Manager PT Amarox Pharma Global dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (12/2).

Ridwan Ong, Marketing Director Pharma PT Kalbe Farma Tbk menambahkan Kalbe terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Hal ini selaras dengan misi Kalbe yakni Meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.

“Dengan memanfaatkan kemampuan dan infrastruktur pemasaran serta distribusi secara nasional yang dimiliki Kalbe, kolaborasi ini diharapkan mempercepat akses dan ketersediaan obat yang lebih luas untuk terapi Covid-19 pada pasien dengan gejala ringan di seluruh Indonesia. Saat ini Kalbe memiliki jaringan yang kuat dengan tenaga kesehatan, rumah sakit, apotek yang dapat digunakan untuk mendukung pemulihan pasien Covid-19,” tambah Ridwan Ong.

Obat Fluvir, berbentuk kapsul, mengandung zat aktif anti virus Oseltamivir. Oseltamivir bekerja dengan menghambat enzim neuraminidase virus influenza. Enzim ini berperan dalam melepaskan virus-virus baru hasil replikasi di dalam sel terinfeksi sehingga dapat menginfeksi sel-sel lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement