Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

India Luncurkan Traktor Berbahan Bakar CNG Pertama

Jumat 12 Feb 2021 22:48 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Petani sedang menggarap lahan (ilustrasi).

Petani sedang menggarap lahan (ilustrasi).

Foto: kementan
Traktor berbahan bakar CNG akan membantu meningkatkan pendapatan petani India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India, Jumat (12/2) meluncurkan traktor berbahan bakar gas alam terkompresi (Compressed Natural Gas/CNG) pertama. Traktor itu diluncurkan oleh Menteri Federal untuk Transportasi Jalan Raya, Nitin Gadkari.

Konversi traktor diesel menjadi traktor CNG dilakukan bersama oleh Rawmatt Techno Solutions dan Tomasetto Achille India. Gadkari mengatakan traktor CNG akan membantu petani meningkatkan pendapatan mereka dengan menurunkan biaya dan membantu menciptakan lapangan kerja di pedesaan India.

Baca Juga

Gadkari mengatakan dengan menggunakan CNG petani akan mendapat tambahan penghasilan. Sebab, bahan baku untuk memproduksi bio-CNG adalah jerami dan bonggol jagung. Dengan menjual limbah tersebut ke unit produksi Bio-CNG di wilayah mereka, maka mereka akan mendapat tambahan penghasilan.

"CNG adalah energi masa depan karena saat ini ada sekitar 12 juta kendaraan telah menggunakan bahan bakar gas ini di seluruh dunia dan lebih banyak lagi perusahaan dan kota yang akan bergabung dengan gerakan CNG setiap hari," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA