Sabtu 13 Feb 2021 07:54 WIB

Aa Gym Dukung Muslim Indonesia Vaksinasi Covid-19

Aa Gym Dukung Muslim Indonesia Vaksinasi Covid-19

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Aa Gym Dukung Muslim Indonesia Vaksinasi Covid-19
Foto: dok. Istimewa
Aa Gym Dukung Muslim Indonesia Vaksinasi Covid-19

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah Indonesia saat ini sedang mendorong setiap orang mendapatkan vaksin Covid-19. Terkait hal ini, Ulama Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menyebut dukungannya.

Dalam kegiatan webinar Nasional Pembinaan Kesehatan Haji Indonesia (PKHI), Kamis (11/2), ia menyebut tidak terlalu merumitkan perkara vaksin ini. Ia merujuk pada HR Muslim yang meminta Mukmin bersemangat atas hal-hal yang membawa manfaat, dan meminta tolong pada Allah SWT, janganlah merasa lemah.

Baca Juga

"Allah SWT sekarang menciptakan virus. Kita ikhtiar mengikuti protokol kesehatan. Vaksin menjadi salah satu solusinya. Kalau solusi ini bermanfaat dan jelas, halal, lalu apalagi yang menyulitkan?" ujarnya.

Aa Gym juga menyebut dirinya sudah menyiapkan diri dan menyebut bersedia untuk menerima vaksin pertama. Namun sayang, beberapa waktu lalu ia diketahui terpapar virus Covid-19 dan harus dirawat.

Ia lantas mengingatkan kepada Muslim, selama vaksin yang tersedia ini kondisinya sudah dipastikan aman, bermanfaat dan halal, maka tidak perlu lagi ada keraguan di dalamnya. Dengan terpenuhinya tiga aspek ini, ia pun sangat menganjurkan bagi Muslim untuk menerima vaksin.

Hadir dalam kegiatan webinar yang sama, Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Eka Jusuf Singka, menyebut pihaknya tengah menyiapkan segala kebutuhan haji, termasuk vaksin Covid-19 bagi jamaah.

"Untuk tahun ini, puskes haji fokus ingin memberikan vaksinasi Covid-19 kepada jamaah. Nanti, sebelum vaksin akan disediakan pemeriksaan kesehatannya juga," kata Dr Eka.

Sejauh ini, baik pihaknya maupun Kementerian Agama (Kemenag) belum mendapatkan keterangan resmi dari Saudi untuk pelaksanaan haji 2021. Namun, segala persiapan atau ikhtiar terus dilakukan kedua belah pihak agar selalu siap jika diputuskan bisa memberangkatkan jamaah haji Indonesia.

Meski demikian, ia juga mengingatkan jika takdir dari Allah SWT nantinya menyebut belum bisa berangkat, maka ini adalah yang terbaik. Niat baik yang sudah ditanamkan sejak awal sudah dihitung sebagai ibadah, apalagi jika dijalankan dengan penuh keikhlasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement