Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Kasus Abu Janda, KNPI: Kedepankan Dialog dan Komunikasi

Jumat 12 Feb 2021 15:58 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto

Natalius Pigai (kiri), Sufmi Dasco Ahmad (tengah), dan Permadi Arya atau Abu Janda (kiri) bertemu pada Senin (8/2).

Natalius Pigai (kiri), Sufmi Dasco Ahmad (tengah), dan Permadi Arya atau Abu Janda (kiri) bertemu pada Senin (8/2).

Foto: istimewa
Pertemuan Abu Jandan dan Pigai, tik akan pengaruhi proses hukum yang sedang berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Krisis Center Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Zainal Rangkuti mengajak, anak-anak bangsa untuk lebih mengedepankan dialog dan komunikasi. Hal itu disampaikannya, pascapertemuan Eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dengan penggiat sosial media Permadi Aria (Abu Janda) usai pernyataan rasisme berlanjut proses hukum.

"Ketidaksamaan pendapat dapat memicu perdepatan, mengakibatkan konflik dan berujung saling lapor. Hal ini tak perlu terjadi jika masih bisa diselesaikan bersama” kata Zainal dalam keterangannya, Jumat (12/2).

Zainal pun mengapresiasi pertemuan tersebut dan mengajak semua pihak untuk mengedepankan sikap tabayyun dan memaafkan terhadap suatu masalah. Sebab, jangan sampai masalah Abu Janda ini menjadi momentum pihak yang sengaja  memanfaatkan dan menambah kekisruhan di masyarakat.

Apalagi di tengah kondisi anak bangsa yang menurut Zainal dalam situasi krisis mental dan karakter. “Masalah Abu janda itu persoalan yang harus ditangani secara hukum, bukan dibikin kampanye dan dilebarin kemana mana. Jangan lagi disulut dengan membenturkan antara islam dan kebangsaan, dan menyebutkan isu Rasial didalamnya," ungkap Zainal.

Sebelumnya, Polri memastikan bahwa penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim tetap memproses kasus dugaan ujaran rasis yang dilakukan pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda, terhadap eks anggota Komnas HAM Natalius Pigai. Meski Abu Janda sudah bertemu Natalius Pigai, namun proses hukum akan tetap berjalan.

"Ya terus saja (proses kasus), mereka seperti itu (bertemu) tapi penyidik kan terus berjalan juga. Proses (hukum) berjalan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono di kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Selasa (9/2).

Hal ini menyikapi pertemuan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dengan Natalius Pigai dan Permadi Arya alias Abu Janda di sebuah hotel di Jakarta, Senin (8/2). Menurut Rusdi, pertemuan tersebut tidak akan mempengaruhi proses hukum yang sedang berjalan di Bareskrim.

"Sampai saat ini laporan itu masih ditindaklanjuti oleh penyidik Bareskrim," kata Rusdi.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA