Jumat 12 Feb 2021 15:00 WIB

Di Tengah Pandemi, Unisba Seminarkan 895 Artikel Ilmiah 

Publikasi ini sebagai persyaratan untuk bisa mencapai World Class University.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof Edi Setiadi
Foto:

Sementara menurut Ketua Panitia SPeSIA-UNISBA 2021, Dadi Ahmadi, berdasarkan Surat Edaran Universitas Islam Bandung, No.1/C.7/BAK‐k/I/2018 tentang penyelenggaraan SPeSIA, setiap mahasiswa yang akan mengikuti wisuda wajib membuat dan mempresentasikan makalah ilmiah di acara SPeSIA.

Publikasi ini, kata dia, sebagai persyaratan untuk bisa mencapai World Class University. Kultur di Perguruan Tinggi selalu mendorong prestasi untuk mendapatkan posisi tinggi (rank) dalam arena “WCU’s Ranking”. 

"Dan kita mengetahui bahwa publikasi dan sitasi merupakan kriteria dalam penilaian perangkingan tersebut," katanya.

Publikasi ilmiah, kata Dadi, merupakan tanda produktivitas penelitian dari suatu universitas. Bahkan, banyaknya publikasi ilmiah menunjukkan bahwa negara tersebut memiliki sumber daya manusia unggul yang melimpah serta dapat menjadi sumber daya dalam pembangunan di negaranya. 

Diharapkan, kata dia, tingginya penelitian dan publikasi ilmiah dapat meningkatkan inovasi, pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi di Indonesia agar setingkat dengan negara-negara maju lainnya.

"Kami berharap seminar SpeSia 2021 ini,  akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai kajian keilmuan dari disiplin masing-masing, menjadi ajang silaturahim," katanya.

Sekaligus, kata dia, dapat memberikan, bahkan menginspirasi bagi para pengambil kebijakan, untuk melahirkan program-program yang selaras dengan kondisi dan situasi di masyarakat, sebagaimana terefleksikan dari hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara online.

 

Sejak Penyelenggaraan SPeSIA Tahun 2020, kata dia, Unisba menggandeng 20 perguruan tinggi mitra Unisba sebagai co-host. Perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Medan Area, Universitas Bina Bangsa Serang, Universitas Serang, Universitas Bina Insani Bekasi, IKIP Siliwangi Cimahi, STIKes Bakti Tunas Husada Tasikmalaya, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Politeknik LP3I Bandung, STIE Tribuana Bekasi, STIEB Perdana Mandiri Purwakarta, Universitas Djuanda Bogor, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Mitra Karya Bekasi, Universitas Bale Bandung, Universitas Wiralodra Indramayu, STIE Gema Widya Bangsa Bandung, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung, STIE Miftahul Huda Subang dan Politeknik Perdana Mandiri Purwakarta serta STIKOM Jakarta.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement