Jumat 12 Feb 2021 14:38 WIB

Etnis Minoritas Myanmar Ikut Protes Terhadap Kudeta

Junta militer kerap menindas etnis minoritas selama bertahun-tahun.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Demonstran berbaris selama protes terhadap kudeta militer baru-baru ini di Yangon, Myanmar, Kamis (11/2).
Foto: AP
Demonstran berbaris selama protes terhadap kudeta militer baru-baru ini di Yangon, Myanmar, Kamis (11/2).

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON --  Demonstrasi terhadap kudeta yang dilakukan militer tidak hanya terjadi di kota-kota besar dan masyarakat mayoritas Myanmar saja. Anggota etnis minoritas Myanmar ikut berbaris melalui jalan-jalan dengan pakaian tradisional pada Kamis (11/2).

“Rakyat kami telah ditindas oleh junta selama bertahun-tahun. Mereka telah menindak secara brutal. Berapa lama mereka akan terus melakukan ini?" tanya pengunjuk rasa dan aktivis hak asasi manusia dari kelompok etnis Karen, Naw Ohn Hla, dalam demonstrasi di Yangon.

Sebanyak puluhan ribu pengunjuk rasa berbaris setiap hari di Yangon dan Mandalay, kota terbesar di negara itu. Demonstrasi telah menyebar ke seluruh negeri, menunjukkan kedalaman perlawanan. 

Unjuk rasa telah menarik orang dari semua lapisan masyarakat, meskipun ada larangan resmi untuk pertemuan lebih dari lima orang. Pekerja pabrik dan pegawai negeri, siswa dan guru, tenaga medis dan orang-orang dari komunitas minoritas, biksu Buddha, dan pendeta Katolik semuanya telah keluar.

Terbaru adalah bergabungnya orang-orang dari etnis minoritas Myanmar, yang terkonsentrasi di negara-negara perbatasan yang sangat jauh. Mereka bergabung - sebuah pertunjukan persatuan yang mencolok di sebuah negara beberapa kelompok membenci pengawasan mayoritas Burman dan memiliki perbedaan dengan Aung San Suu Kyi. Tapi ketidakpercayaan mereka yang mendalam terhadap militer, telah membuat mereka menjadi sekutu yang tidak nyaman dengan partainya.

"Tapi orang-orang memahami situasinya, dan kebanyakan dari mereka bergabung sekarang," kata Naw Ohn Hla. 

Baca juga : Presiden Biden Jatuhkan Sanksi Ekonomi untuk Myanmar

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement