Jumat 12 Feb 2021 14:07 WIB

Masyarakat Uighur Gelar Protes di Konsulat China di Istanbul

Masyarakat Uighur gelar protes di depan konsulat China di Istanbul

Orang Uighur yang tinggal di Istanbul, berkumpul untuk memprotes China, di luar Konsulat Jenderal China, di distrik Sariyer, Istanbul, Turki, pada 11 Februari 2021
Foto: Anadolu Agency
Orang Uighur yang tinggal di Istanbul, berkumpul untuk memprotes China, di luar Konsulat Jenderal China, di distrik Sariyer, Istanbul, Turki, pada 11 Februari 2021

IHRAM.CO.ID, ISTANBUL -- Warga Uighur yang tinggal di Istanbul, Turki pada Kamis menggelar aksi demonstrasi di dekat Konsulat Jenderal China di Istanbul guna menuntut informasi mengenai kondisi anggota keluarga mereka yang diyakini telah ditahan di kamp-kamp di China.

Puluhan warga Uighur termasuk akademisi, pebisnis, dan anak-anak melakukan aksi protes karena tak mendengar kabar dari anggota keluarga mereka selama bertahun-tahun karena dugaan kampanye sistematis Beijing dalam pengurungan anggota etnis minoritas di kamp konsentrasi dan kamp kerja paksa di China.

Mewakili pengunjuk rasa, juru bicara masyarakat Uighur di Istanbul Salih Emin meminta dunia untuk bersuara menentang apa yang disebutnya kejahatan terhadap kemanusiaan dan mengambil tindakan untuk menghentikan penganiayaan terhadap masyarakat Uighur.

"Pemerintah China tidak ingin organisasi hak asasi manusia menyelidiki situasi di negara itu karena mereka takut ketahuan akan situasi di sana. Pembantaian di sana benar terjadi dan China tidak ingin dunia mengetahuinya," kata Emin.

Turkistan Timur, juga dikenal sebagai Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang di Cina, adalah rumah bagi sekitar 10 juta orang Uighur.

Masyarakat Muslim Turki, yang membentuk sekitar 45 persen dari populasi Xinjiang, telah lama menuduh otoritas China melakukan diskriminasi budaya, agama dan ekonomi.

Kebijakan Beijing terhadap Uighur telah menuai kecaman luas dari kelompok-kelompok hak asasi termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch, yang menuduh China mengucilkan lebih dari 10 juta anggota kelompok minoritas, yang sebagian besar adalah Muslim.

Emin meminta Kementerian Luar Negeri Turki untuk bertemu dengan pemerintah China untuk membantu mereka berhubungan dengan keluarga mereka, dan juga berterima kasih kepada rakyat Turki atas dukungan mereka.

Selama aksi protes, banyak demonstran yang membawa bendera Turkistan Timur dengan warna biru langit Uighur.

Mereka juga membawa spanduk bertuliskan, "Pemerintah China Bebaskan Anggota Keluarga Kami yang Tidak Bersalah", "China, Di Mana Putraku?" "Di mana Saudaraku?" dan "Uighur Membutuhkan Dukungan Anda."

'Dengarkan suara kami!'

"Saya tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga saya sejak 2015. Kami mengetahui bahwa beberapa anggota keluarga saya dikirim ke kamp konsentrasi," kata Habibe Omer, salah satu pengunjuk rasa, kepada Anadolu Agency.

"Dengarkan saja suara kami!" dia bertanya dengan nada emosional.

"Kami menuntut agar mereka yang berada di kamp konsentrasi segera dibebaskan," kata Abdullah Resul, seorang pengunjuk rasa lainnya, yang menghadiri aksi unjuk rasa dengan harapan mendapat informasi tentang keberadaan kerabatnya.

Iparhan Uygur, yang datang ke Turki delapan tahun lalu untuk belajar, juga mengecam kebijakan China di wilayah otonom Xinjiang, dan juga mengatakan dia tidak mendengar apa-apa tentang kondisi keluarganya sejak 2016.

Burhan Uluyol, seorang akademisi di Istanbul Sabahattin Zaim University, juga termasuk di antara para pengunjuk rasa.

"China yang kejam telah menangkap ayah, ibu, saudara laki-laki, paman dan keponakan saya. Mereka telah ditahan selama empat tahun. Kami di sini untuk menjadi suara mereka," ungkap Uluyol.

Tahun lalu, warga Uighur mengadakan aksi unjuk rasa selama 18 hari di luar Konsulat Jenderal China di Istanbul menuntut untuk mendapatkan informasi tentang kondisi keluarga mereka setelah tidak dapat menghubungi mereka selama bertahun-tahun.

Laporan Human Rights Watch 2018 merinci kampanye pemerintah China tentang "penahanan sewenang-wenang massal, penyiksaan, indoktrinasi politik paksa, dan pengawasan massal terhadap Muslim Xinjiang."

China berulang kali membantah tuduhan bahwa mereka mengoperasikan kamp penahanan di wilayah otonom barat lautnya, sebaliknya mengklaim bahwa mereka "mendidik ulang" orang Uighur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement