Jumat 12 Feb 2021 09:03 WIB

Hubungan Muslim dengan Viking Melalui Temuan kata 'Allah'

Muslim dan Viking terjejak terjadi semenjak abad 9 M.

Halaman-halaman dari akun perjalanan Ibn Fadhlan dan al-Idrisi tentang Rus / Viking dan gambar Oleg dari Novgorod
Foto: 1001inventions.com
Halaman-halaman dari akun perjalanan Ibn Fadhlan dan al-Idrisi tentang Rus / Viking dan gambar Oleg dari Novgorod

IHRAM.CO.ID, -- Para peneliti di Swedia telah menemukan tulisan Arab pada kostum pemakaman perahu orang-orang Viking.

Penemuan itu memunculkan pertanyaan baru tentang pengaruh Islam di Skandinavia, seperti ditulis oleh wartawan Tharik Hussain dalam BBC.com.

Baca Juga

Benda-benda itu, yang selama ini diabaikan ddalam ruang penyimpanan selama lebih dari 100 tahun, merupakan contoh dari pakaian pemakaman di Era Viking.

Tetapi penelitian terbaru pada pakaian yang ditemukan di sebuah pemakaman peninggalan abad ke-9 dan 10, mengungkapkan adanya kontak antara orang-orang Viking dan dunia Muslim.

Desain tenun dengan menggunakan sutra dan perak itu ditemukan bordiran bertuliskan "Allah" dan "Ali".

Penemuan tulisan itu terungkap dalam kajian yang dilakukan pakar arkeologi tekstil, Annika Larsson dari Universitas Uppsala ketika meneliti kembali kostum dari laki-laki dan perempuan dan ruang kuburan.

Benda-benda itu ditemukan dari hasil penggalian di wilayah Birka dan Gamla Uppsala, Swedia, pada akhir abad ke 19 dan pertengahan abad 20.

Larsson tertarik dengan potongan-potongan itu setelah menyadari barang-barang tersebut berasal dari Asia Tengah, Persia dan Cina.

Larsson mengatakan bahwa desain geometris yang mungil dengan tinggi tak lebih dari 1,5 centimeter, tak sama dengan yang sebelumnya pernah dia temukan di wilayah Skandinavia.

"Saya tidak dapat memahaminya dan kemudian saya ingat di mana saya pernah melihat desain yang serupa, yaitu di Spanyol, pada tekstil Arab (Moor)."

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement