Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Verified Listing Jadi Inovasi Pencarian Properti di 99 Group

Jumat 12 Feb 2021 08:16 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Pamera Properti (ilustrasi)

Pamera Properti (ilustrasi)

Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Ini membantu masyarakat terhindar dari upaya penipuan iklan properti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyedia jada pencarian properti di Tanah Air kini semakin marak. Salah satunya adalah 99 Group yang menaungi 99(dot)co dan Rumah123(dot)com berinovasi dengan mengeluarkan berbagai produk dan layanan unggulan untuk para pencari rumah dan agen properti di Indonesia. Guna meningkatkan pengalaman pengguna dalam mencari hunian idaman, maupun mengiklankan properti, 99 Group meluncurkan fitur terbarunya, Verified Listing

CEO 99 Group Indonesia Chong Ming Hwee mengatakan, untuk menjadi Verified Listing, properti wajib melewati tahapan verifikasi berupa pemeriksaan keaslian dokumen, keakuratan lokasi properti, dan pengecekan kualitas foto. Fitur Verified Listing dari 99 Group sendiri, klaim dia, merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada di pasar properti Tanah Air. 

Ming menjelaskan, Verified Listing hadir sebagai jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh para pencari properti. Banyaknya pilihan properti yang ada kerap membuat konsumen kesulitan menentukan iklan yang asli dan palsu. Ditambah lagi, kata dia, beberapa masalah lain, seperti kurangnya akurasi lokasi dari properti yang dipasarkan, hingga respons agen yang lambat.   

“Peluncuran fitur Verified Listing ini menjadi bukti dari komitmen kami untuk memberikan layanan pencarian properti terbaik bagi masyarakat. Begitu pula untuk para agen properti,” kata Ming. 

Ia mengatakan, peningkatan jumlah iklan properti dapat menimbulkan tantangan tersendiri dari sisi konsumen. Pilihan yang bertambah berarti risiko munculnya iklan palsu juga kian marak. Tidak hanya itu, berdasarkan survei yang dilakukan tim 99 Group, terdapat beberapa isu lain yang ditemui pencari properti. Isu-isu tersebut di antaranya, legalitas dokumen properti, respons agen yang lambat saat membalas calon pembeli, kualitas foto properti yang buruk, hingga ketidaksesuaian lokasi dengan yang tertera di iklan. Berangkat dari masalah tersebut, 99 Group menghadirkan standar baru dalam pencarian properti yang lebih cepat, aman, dan tepercaya. 

Verified Listing Product Lead Shafirra Shikka Larasati menjelaskan, untuk dapat memanfaatkan fitur ini, konsumen cukup mengetik “Verified Listing” di kolom pencarian portal 99(dot)co dan Rumah123(dot)com. Seluruh properti yang telah menjadi Verified Listing juga dapat ditemukan di rumah123(dot)com/verifiedlisting. Setelah itu, ratusan iklan properti dengan tanda centang emas Verified Listing akan muncul dan siap untuk dipilih. 

"Ini juga bisa dimanfaatkan oleh agen. Keunggulan yang dapat dinikmati agen saat menggunakan fitur Verified Listing di antaranya, iklan mudah ditemukan, tampilan iklan makin menarik, dan iklan yang jadi lebih meyakinkan. Dengan berbagai keunggulan ini, agen dapat membuat listing mereka tampil berbeda dan tepercaya, sehingga lebih menjadi pilihan para pencari properti," kata dia.

"Apabila agen ingin mendapatkan tanda Verified Listing, properti yang diiklankan akan diverifikasi oleh tim khusus dari 99 Group. Jika lolos verifikasi, tanda Verified Listing akan ditambahkan pada sampul iklan properti. Properti yang telah di-upgrade menjadi Verified Listing dapat langsung tayang tanpa batas waktu, selama iklan milik agen masih aktif," kata dia menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA