Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Alasan Disunnahkan Saling Ucap Salam Sesama Muslim 

Jumat 12 Feb 2021 06:48 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW menganjurkn sesama Muslim saling ucap salam. Ilustrasi salam

Rasulullah SAW menganjurkn sesama Muslim saling ucap salam. Ilustrasi salam

Foto: Republika/Musiron
Rasulullah SAW menganjurkn sesama Muslim saling ucap salam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Mengucapkan salam kepada sesama Muslim merupakan kesunnahan yang besar pahalanya. Mengucapkan salam ketika bertemu orang lain juga menunjukan keluhuran akhlak orang tersebut. 

Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari menjelaskan tentang keberkahannya mengucapkan salam adalah menumbuhkan rasa saling cinta di antara sesama.   

Baca Juga

حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَمْرٍ إِذَا أَنْتُمْ فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ وَفِي الْبَاب عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ وَشُرَيْحِ بْنِ هَانِئٍ عَنْ أَبِيهِ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَالْبَرَاءِ وَأنَسٍ وَابْنِ عُمَرَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari Al-A'masy dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah  SAW bersabda, "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga beriman, dan tidak akan beriman hingga saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang sesuatu yang bila kalian lakukan, kalian akan saling mencintai?, tebarkanlah salam diantara kalian." 

Dalam hal ini ada hadits serupa dari Abdullah bin Salam, Syuraij bin Hani' dari ayahnya, dan Abdullah bin 'Amru dan Al-Barra` dan Anas, serta Ibnu Umar. Abu Isa berkata, “Hadits ini hasan sahih.  

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA