Kamis 11 Feb 2021 21:47 WIB

Danrem Harap Pendonor Plasma Konvalesen Semakin Bertambah

Donor plasma konvalesen diperoleh dari kalangan TNI, Polri hingga pemerintahan.

Danrem Harap Pendonor Plasma Konvalesen Semakin Bertambah (ilustrasi).
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Danrem Harap Pendonor Plasma Konvalesen Semakin Bertambah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,DENPASAR -- Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf mengharapkan jumlah pendonor plasma konvalesen semakin bertambah sehingga dapat membantu proses penyembuhan pasien COVID-19 dari skala sedang hingga berat.

"Kegiatan donor yang kita laksanakan, yaitu dalam rangka membantu penanganan COVID-19. Plasma yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan bagi mereka yang saat ini berstatus pasien positif COVID-19 dalam kondisi sedang dan berat,"kata Danrem saat ditemui di Korem 163/Wira Satya dalam acara donor darah dan donor plasma konvalesen, Kamis (11/2).

Ia mengharapkan semakin banyak masyarakat umum, terutama kalangan Keluarga Besar TNI, Polri yang sembuh dari COVID-19 untuk bersedia melakukan donor plasma konvalesen. "Yang bisa kita saring untuk memberikan donor plasma konvalesen sampai saat ini ada enam orang. Makanya karena sulit, diharapkan semakin banyak yang bersedia yang memberikan donor," kata Danrem.

Donor plasma konvalesen diperoleh dari kalangan TNI, Polri hingga institusi pemerintahan. Kegiatan bakti sosial donor darah dan donor plasma konvalesen dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 60 Korem 163/Wira Satya pada tanggal 24 Februari 2021 mendatang.

Secara keseluruhan donor plasma konvalesen yang dihasilkan ada enam kantong dan donor darah biasa ada 108 kantong donor darah dengan rincian golongan darah A sejumlah 18 kantong, golongan darah B sejumlah 43 kantong, golongan darah O sejumlah 37 kantong dan golongan darah AB sejumlah 10 kantong.Sementara itu, Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia menambahkan donor plasma konvalesen ini sudah dilakukan untuk keempat kalinya.

Selain di Korem, donor darah biasa dan donor plasma konvalesen juga dilakukan di wilayah Kodim 1617/Jembrana. Adapun untuk calon pendonor plasma konvalesen ada 40 orang yang telah melalui tahapan screening. Kemudian, dari 40 orang tersebut, ada dua orang yang memenuhi syarat donor.

Sedangkan bagi peserta yang tidak memenuhi syarat selanjutnya diarahkan untuk melaksanakan donor darah biasa.Sedangkan untuk donor darah biasa diikuti oleh 47 orang peserta. Adapun hasilnya untuk golongan darah A diperoleh sebanyak delapan kantong, golongan darah B sebanyak 14 kantong dan golongan darah O sebanyak 20 kantong, serta untuk golongan darah AB terkumpul sebanyak lima kantong.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement