Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Terungkap, Messi Bayar Pajak ke Spanyol Rp 6,2 Triliun

Kamis 11 Feb 2021 17:16 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi.

Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi.

Foto: AP / Miguel Morenatti
Tak aneh jika Messi berkontribusi pada pendapatan Pemerintah Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Bocornya detail kontrak Lionel Messi telah menjadi pembicaraan hangat di Spanyol, sejak El Mundo melaporkan informasi tersebut. Dikutip dari Marca, Kamis (11/2), kontrak Messi selama empat tahun, yang diteken pada 2017, senilai 555 juta euro atau setara dengan Rp 9,4 triliun.

Kontrak Messi akan habis pada musim panas tahun ini. Artinya, Messi akan membayar 370 juta euro atau setara dengan Rp 6,2 triliun kepada otoritas pajak Spanyol selama periode empat tahun terebut. Angka itu termasuk dengan pajak pendapatan normal sebesar 257 juta euro, plus beberapa pajak lain.

Dari pendapatan bersih sebesar 138 juta euro per tahun, Messi membayar pajak sekitar 70 juta euro tiap tahunnya. Karena itu, tidak aneh jika Messi berkontribusi pada pendapatan Pemerintah Spanyol. Sampai saat ini, nasib Messi di Barcelona belum menemui kejelasan.

Messi belum memperpanjang kontraknya di Camp Nou. Di sisi lain, klub seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG) sudah ambil ancang-ancang untuk mendapatkannya, walaupun dengan tuntutan gaji yang sangat besar. Sebab, hanya dua klub itu yang dinilai mampu membayar gaji Messi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA