Kamis 11 Feb 2021 14:44 WIB

Presiden Minta Pemda Perbanyak Program Padat Karya

Cara ini diyakini bisa memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) memperbanyak program padat karya di daerah masing-masing. Cara ini diyakini bisa memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Ini urusan dengan ekonomi. Program padat karya agar ini bisa memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan konsumsi masyarakat,” kata Jokowi saat meresmikan pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/2).

Ia menyampaikan, satu-satunya penggerak perekonomian masyarakat di saat krisis sekarang ini yakni belanja pemerintah baik dari APBN maupun APBD. Melalui program padat karya ini akan tercipta lapangan kerja yang lebih luas sehingga masyarakat terdampak pandemi diharapkan bisa memperoleh penghasilan.

“Banyak yang bisa dilakukan oleh pemerintah kota, saya kira banyak sekali. Perbaikan jalan kampung, lakukan dengan padat karya. Perbaikan pembersihan saluran air di kota, lakukan dengan padat karya. Perbaikan puskesmas, perbaikan posyandu, lakukan dengan padat karya. Perbaikan sekolah, lakukan dengan padat karya,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, pemerintah pusat pun saat ini juga tengah melakukan program padat karya secara besar-besaran di semua kementerian. “Semua kita geser kepada padat karya. Kita harus bergotong royong semua warga yang sedang kehilangan pekerjaan bisa mendapatkan penghasilan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement