Kamis 11 Feb 2021 14:31 WIB

WHO: Kasus Covid-19 Secara Global Turun

Kasus Covid-19 global turun selama empat pekan berturut

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nur Aini
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan jumlah kasus Covid-19 secara global mengalami penurunan. 

"Selama empat pekan berturut-turut, jumlah kasus baru global yang dilaporkan turun, dengan 3,1 juta kasus baru pekan lalu, turun 17 persen dibandingkan pekan sebelumnya," tulis WHO dalam laporannya dilansir dari kantor berita Sputnik pada Kamis (11/2).

Baca Juga

"Ini adalah angka terendah sejak pekan tanggal 26 Oktober (15 pekan lalu)," lanjut keterangan resmi itu. 

WHO mengakui masih banyak negara dengan jumlah kasus yang terus meningkat. Hanya saja kecenderungan di tingkat global cukup menggembirakan karena mengalami penurunan. 

Jumlah kematian baru yang dilaporkan juga turun untuk pekan kedua berturut-turut, dengan 88 ribu kematian baru dilaporkan pekan lalu. Jumlah itu mengalami penurunan 10 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya. 

Tercatat di semua wilayah WHO melaporkan penurunan kasus baru Covid-19. Lima dari enam benua yang diurus WHO melaporkan penurunan lebih dari 10 persen kasus Covid-19.

Eropa dan Wilayah Amerika mengalami penurunan terbesar dalam jumlah absolut, dengan hampir 0,5 juta lebih sedikit kasus baru yang dilaporkan pekan lalu (153 ribu dan 320 ribu lebih sedikit kasus baru yang dilaporkan, masing-masing). 

"Kematian baru juga menurun di semua wilayah kecuali Pasifik Barat , di mana angka kematian tetap sama dengan minggu sebelumnya," kata WHO. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement