Kamis 11 Feb 2021 07:29 WIB

Hari Ini Diperkirakan Terjadi Lonjakan Arus Lalu Lintas

Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pos-pos keamanan.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya - Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya - Kombes Sambodo Purnomo Yogo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi hari ini, Kamis (11/2) akan terjadi lonjakan lalu lintas menjelang libur panjang akhir pekan atau long weeknd Imlek. Menghadapi itu pihaknya melakukan upaya-upaya pengamanan di beberapa titik ruas jalan tol untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan atau kemacetan.

"Mulai hari Kamis (11/2), diperkirakan akan ada lonjakan arus penumpang menuju ke arah timur. Kami jajaran Metro Jaya sudah menyiapkan pos-pos keamanan," ungkap Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/2)

Baca Juga

Lanjut Sambodo, untuk antisipasi kemacetan di kilometer 29 baik yang ke arah timur maupun timur ke arah baratakan dilakukan dengan contra flow, baik yang ke arah Timur maupun Timur ke arah Barat. Kemudian untuk mengatasi arus lalu lintas saat libur panjang Imlek ini, petugas lalu lintas juga disiagakan di setiap klenteng atau vihara. Total petugas yang disiapkan untuk turun saat Imlek nanti sebanyak 350 personel.

"Anggota saya sudah kami lengkapi dengan jas hujan dan sebagainya, kita juga siapkan tim khusus untuk antisipasi banjir, juga sudah ada tim yang kita lengkapi dengan alat alat SAR," Sambodo menambahkan.

Selain melakukan pengamaman lalu lintas, Polda Metro juga akan menyiapkan layanan rapid test antigen gratis. Rapid test antigen gratis itu disediakan sebanyak 100-200 per hari. Menurut Sambodo, tes gratis tersebut disediakan di kilometer 19 rest area.

"Jadi bagi masyarakat yang mmembutuhkan swab antigen, mulai hari Kamis siang selama 4 hari Jumat, Sabtu, Minggu. Kami akan laksanakan swab antigen drive-thru," tutur Sambodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement