Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

8 Pintu Surga dan Kapan Waktunya Dibuka untuk Muslim?

Kamis 11 Feb 2021 05:55 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 8 pintu surga yang diperuntukkan untuk Muslim. Ilustrasi Surga

Terdapat 8 pintu surga yang diperuntukkan untuk Muslim. Ilustrasi Surga

Foto: Pixabay
Terdapat 8 pintu surga yang diperuntukkan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Surga dapat dimasuki bagi siapa saja yang memenuhi syarat. Mereka dapat masuk dari pintu mana saja yang telah disediakan. Terdapat delapan pintu surga yang disediakan bagi mereka yang terpilih.  

Kedelapan pintu surga tersebut adalah pertama, pintu sholat yaitu bagi mereka yang rajin sholat. Mereka yang semasa hidupnya adalah ahli ibadah dalam hal ini sholat dapat memilih masuk dari pintu tersebut. 

Kedua, pintu amal jariyah, mereka yang semasa hidup di dunia merupakan seorang ahli sedekah dapat memilih pintu ini untuk masuk surga. Ketiga, pintu untuk ahli puasa. Mereka yang menghabiskan usianya untuk lebih banyak berpuasa dapat memilih pintu ini untuk masuk surga.

Keempat, pintu jihad, orang yang semasa hidupnya selalu mengedepankan untuk berjuang di jalan Allah maka mereka dapat memilih pintu ini.

Kelima, pintu untuk orang yang berhaji tetapi sebagian ulama menyebutkan untuk orang yang mampu menahan amarah. Mereka yang menjalankan haji mabrur atau semasa hidupnya mampu menahan amarah maka pintu surga ini menantinya. 

Keenam, pintu bagi mereka yang selalu mendahulukan bagian kanan untuk mengerhakan kebaikan. Mereka yang menjalankan sunnah rasul untuk menggunakan bagian kanan tubuhnya maka disediakan pintu khusus untuk mereka saat masuk surga.

Ketujuh, pintu untuk orang tua. Baik ayah maupun ibu yang menjalani perannya sesuai dengan anjuran Alquran dan hadits maka dapat memilih pintu ini. Sesuai dalam hadits Rasulullah SAW:  

الوالِدُ أوسطُ أبوابِ الجنَّةِ، فإنَّ شئتَ فأضِع ذلك البابَ أو احفَظْه “Orang tua adalah pintu surga yang paling tinggi. Sekiranya engkau mau, sia-siakanlah pintu itu, atau jagalah.” (HR  Ahmad dan at-Tirmidzi) 

Kedelapan, pintu taubat, mereka yang mampu bertaubat setelah melakukan kesalahan dan Allah ridho untuknya, maka pintu surga ini akan terbuka lebar. 

Kemudian, kapan waktu pintu surga ini akan dibuka? Pintu surga akan dibika selebar-lebarnya. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

والذي نَفْسِي بيَدِهِ، إنَّ ما بيْنَ المِصْرَاعَيْنِ مِن مَصَارِيعِ الجَنَّةِ، كما بيْنَ مَكَّةَ وحِمْيَرَ - أوْ كما بيْنَ مَكَّةَ وبُصْرَى

“Demi Zat yang jiwa Muhammad berada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya antara dua daun pintu dari pintu-pintu surga seperti jarak antara Makkah dan Himyar, dan seperti jarak antara Makkah dan Bashrah.”

Pintu surga terbuka untuk orang-orang yang ada di dunia ini, dan akan dibuka setiap Pada  Senin dan Kamis, sebagaimana Nabi bersabda. Selain itu surga juga dibuka ketika bulan Ramadhan, ketika seorang hamba melakukan wudhu untuk sholatnya, dan terakhir saat hari kebangkitan.n Ratna Ajeng Tejomukti

Sumber: mawdoo3  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA