Kamis 11 Feb 2021 01:00 WIB

Shin Tae-yong Enggan Sesumbar Soal Emas SEA Games 2021

Shin mengatakan lebih fokus mempersiapkan timnas Indonesia sebaik mungkin.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menolak untuk sesumbar soal target medali emas SEA Games 2021 oleh PSSI. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, saat ini dirinya lebih fokus mempersiapkan tim sebaik mungkin.

"Saya tidak bisa bilang kami pasti meraih emas. Tujuan kami adalah bermain maksimal," ujar Shin di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/2).

Baca Juga

Menurut pria asal Korea Selatan itu, yang bisa dilakukannya saat ini adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin. Shin merasa yakin dengan potensi para pemainnya meski, di sisi lain, Shin menilai anak-anak asuhnya masih jauh dari cukup terutama soal kualitas fisik dan mental.

"Kemampuan para pemain Indonesia tidak kalah dengan pemain Asia lainnya. Namun, mereka masih kurang dari sisi fisik dan mental sehingga kami perlu meningkatkannya agar pemain mencapai level atas," kata juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

PSSI memang sangat berhasrat untuk merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2021 demi mengulangi pencapaian serupa yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991. Indonesia hampir saja mengulang prestasi tersebut pada SEA Games 2019 di Filipina setelah tim yang ketika itu dilatih Indra Sjafri lolos ke final. Sayangnya, di partai puncak, Egy Maulana dan kawan-kawan takluk 0-3 dari Vietnam.

Timnas U-22 Indonesia tengah menjalani TC persiapan SEA Games 2021 di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Ini merupakan TC kedua setelah sebelumnya dilakukan pada Desember 2020. SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam.

Berdasarkan regulasi SEA Games tahun 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior yang berumur di atas 22 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement