Rabu 10 Feb 2021 22:39 WIB

Vaksinasi Nakes Lansia di Tangerang Raya Sudah Berjalan

Namun ada berapa jumlah nakes lansia, tidak disebutkan karena datanya di faskes.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Petugas menyuntik vaksin Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Petugas menyuntik vaksin Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kegiatan vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) berusia lanjut usia (lansia) di wilayah Tangerang Raya telah berjalan. Di Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, vaksinasi berlangsung sejak Senin (8/2), sedangkan di Kabupaten Tangerang mulai pada Rabu (10/2).

“Sudah mulai dari tanggal 8 Februari 2021,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Alin Hendarlin Mahdaniar singkat kepada Republika.co.id, Rabu (10/2).

Baca Juga

Namun dia tidak menyebutkan jumlah nakes lansia di Kota Tangerang Selatan yang melakukan vaksinasi. Pasalnya, datanya ada di masing-masing fasilitas kesehatan (faskes). “Data manual ada di faskes masing-masing, karena nakes lansia langsung datang ke faskes,” terangnya.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, nakes lansia di Kota Tangerang mulai dilakukan vaksinasi Covid-19 pada Senin (8/2). Dengan adanya sejumlah nakes lansia yang turut divaksin, Liza menuturkan, hingga saat ini sebanyak 90 persen nakes di Kota Tangerang telah menerima vaksin.

Bagi nakes yang belum menerima vaksin, Liza menyebut akan mendapatkannya pada termin berikutnya. “Nanti akan masuk ke kloter (vaksinasi yang lain),” kata dia.

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengatakan, per hari ini, Rabu (10/2) baru ada nakes lansia di Kabupaten Tangerang yang mendaftarkan diri untuk menerima vaksin. “Instruksinya (mulai vaksinasi bagi nakes lansia) per Senin (8/2), tapi baru hari ini ada nakes di atas 60 tahun yang daftar,” ujarnya.

Hendra menjelaskan, mekanisme pemberian vaksin bagi nakes lansia sama dengan nakes pada umumnya yang telah lebih dulu mendapatkannya. Perbedaannya hanya pada jangka waktu pemberian dosis pertama dengan dosis kedua. “Mekanisme enggak ada bedanya, cuma bedanya (bagi nakes lansia) tiga minggu lagi baru disuntik. Yang lain sama semua, skrining sama, vaksinnya juga sinovac sama,” jelasnya.

Secara keseluruhan, Hendra menyebut jumlah nakes di Kabupaten Tangerang yang sudah divaksin sebanyak lebih dari 10 ribu orang. “(yang sudah divaksin) 10.591 orang,” tutupnya.

Diketahui, pemerintah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan berusia lanjut usia pada Senin (8/2). Kebijakan untuk vaksinasi bagi lansia tersebut menyusul langkah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Sinovac untuk masyarakat berusia lebih dari 60 tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement