Rabu 10 Feb 2021 20:14 WIB

'Sinergi Pemerintah-Masyarakat Cegah dan Hadapi Bencana'

Perlu sinergi pemerintah dan masyarakat hadapi bencana

Perlu sinergi pemerintah dan masyarakat hadapi bencana. Lokasi bencana gempa (ilustrasi).
Foto: Anadolu Agency
Perlu sinergi pemerintah dan masyarakat hadapi bencana. Lokasi bencana gempa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Diperlukan kolaborasi masyarakat dan pemerintah dalam mengaplikasikan strategi mencegah dan menghadapi bencana. Penerapan manajemen bencana (disaster management) dan risk assesment yang baik merupakan bagian strategi tersebut.  

"Kita tidak kekurangan pakar untuk melakukan mitigasi bencana, sekarang bagaimana kita membuat cetak biru dalam menghadapi bencana agar masyarakat luas memiliki pemahaman yang baik dalam upaya mencegah dan menyikapi ketika bencana terjadi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi daring bertema Mitigasi Bencana di Tengah Pandemi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (10/2).

Baca Juga

Pada diskusi yang dimoderatori Luthfy A Mutty,  staf khusus Wakil Ketua MPR RI Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah) itu, menghadirkan Abdul Muhari PhD (Plt Direktur Pemetaan dan Evaluasi Bancana Badan Nasional Penanganan Bencana/BNPB), Prof Dwikorita Karnawati,  (Kepala Pusat BMKG), Prof Adi Maulana, (Ketua Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin/Unhas), dan Dr Ichsan,  (Tsunami & Disaster Mitigation Research Center Universitas Syah Kuala) sebagai narasumber.

Selain itu menghadirkan juga H Rudi Hartono Bangun, SE, Map. (Komisi VIII DPR RI Periode 2019 - 2024), dan Ika Ningtyas (Jurnalis Bidang Bencana).

 

Menurut Lestari, amanat alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945 menyebutkan bahwa salah satu tujuan bernegara kita adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

photo
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (MPR)

Tentunya, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, amanat konstitusi itu juga harus diwujudkan saat bencana melanda di berbagai wilayah di Indonesia.

Karena itu, anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap, terjadinya kolaborasi yang baik antara para pemangku kepentingan dan masyarakat untuk membangun kesadaran bersama bahwa letak geografis Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi ring of fire Pasifik.

Dengan memiliki pemahaman yang sama soal bencana antara masyarakat dan pemerintah, menurut Rerie, berbagai upaya pencegahan dan strategi dalam menghadapi bencana di Tanah Air dapat diterapkan dengan baik sehingga bisa menekan potensi timbulnya korban saat bencana. 

Menurut Plt Direktur Pemetaan dan Evaluasi Bancana BNPB...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement