Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Saingan Tesla, Rivian akan Segera IPO

Rabu 10 Feb 2021 20:09 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

Startup kendaraan listrik Rivian, yang didukung oleh Amazon.com Inc dan Ford Motor Co, akan segera go public pada September dengan valuasi sekitar 50 miliar dolar AS atau lebih.

Startup kendaraan listrik Rivian, yang didukung oleh Amazon.com Inc dan Ford Motor Co, akan segera go public pada September dengan valuasi sekitar 50 miliar dolar AS atau lebih.

Foto: reuters
Jadwal perusahaan untuk IPO belum final dan listing dapat dilakukan di akhir tahun

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Startup kendaraan listrik Rivian, yang didukung oleh Amazon.com Inc dan Ford Motor Co, akan segera go public pada September dengan valuasi sekitar 50 miliar dolar AS atau lebih.

Rivian telah melakukan pembicaraan dengan para bankir tentang rencananya, tetapi jadwal perusahaan untuk IPO belum final dan listing dapat dilakukan di akhir tahun atau tahun depan.

Rivian bertujuan untuk memproduksi pikap listrik dan SUV dalam produksi tahun ini. Perusahaan mengumumkan putaran investasi sebesar 2,65 miliar dolar AS bulan lalu, yang dipimpin oleh T. Rowe Price. Startup tersebut mengatakan telah mengumpulkan 8 miliar dolar AS ejak awal 2019.

Pengiriman mobil pikap perusahaan akan dimulai pada bulan Juni, sedangkan SUV akan dimulai pada bulan Agustus. Edisi peluncuran kendaraan ini masing-masing dihargai 75 ribu dolar AS dan 77.500 dolar AS, dengan jarak tempuh 480 km untuk keduanya.

Pada 2019, Amazon memesan 100.000 van listrik dari Rivian. Kendaraan Amazon pertama mulai diproduksi di pabrik Rivian di Normal, Illinois pada akhir 2021, dengan semua pengiriman akan selesai pada 2024. Pendiri dan CEO Rivian, R.J. Scaringe berencana untuk mengikuti produk tersebut dengan model yang lebih kecil yang ditargetkan ke China dan Eropa. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA