Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Kamis 11 Feb 2021 01:44 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Ternyata ada banyak sekali manfaat sereh untuk kesehatan.

Kala menikmati waktu santai, tak sedikit masyarakat Indonesia yang hobi ditemani dengan segelas teh hangat. Apalagi di saat hari sedang hujan, tak ada yang bisa membandingi kenikmatan menyeruput teh di waktu senggang. Agar teh memiliki aroma yang khas dan lebih menenangkan, beberapa orang doyan mencampurkan sereh ke dalam minuman. 

Ya, sereh atau serai adalah jenis tanaman yang populer di kalangan masyarakat sebagai bahan tambahan saat menyeduh teh atau campuran pada masakan. Selain menambah aroma, mencampurkan serai pada makanan dan minuman ini ternyata juga dapat memberi banyak sekali manfaat untuk kesehatan, lho!

Manfaat sereh ini datang dari kandungan senyawa antioksidan serta anti radang yang kaya di dalamnya. TIdak hanya itu, serai juga dipercaya mampu menjadi obat alami berbagai penyakit karena mengandung senyawa anti diare, anti bakteri, hingga anti jamur. Tentunya, bagi Anda penikmat segala jenis minuman yang diseduh dengan tambahan tanaman ini, secara tidak langsung tubuh Anda mendapatkan segudang manfaat yang menyehatkan.

Baca Juga

Nah, saat ini Anda mungkin penasaran, apa saja sih manfaat sereh untuk kesehatan? Benarkah khasiat kesehatan dari tanaman ini begitu hebatnya hingga sayang jika dilewatkan? Agar tak lagi merasa penasaran sekaligus menambah wawasan, yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Obat Ini Ternyata Bisa Ditanam di Rumah, Apa Saja?

10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan

manfaat sereh

Tanaman Serai dan Olahannya

  1. Memiliki Kandungan Baik yang Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan 

    Salah satu kandungan yang dimiliki oleh sereh adalah citral. Tak banyak orang mengetahuinya, tapi citral ternyata berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan makanan di dalam tubuh. 

    Hal ini secara tidak langsung turut melancarkan aktivitas organ pencernaan dan menghindarkan Anda dari risiko penyakit pencernaan. Seperti, sembelit atau sulit buang air besar. 

    Jadi, jika merasa memiliki masalah kesehatan pada organ pencernaan, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan rutin mengonsumsi minuman yang dicampur seduhan serai ini. 

  2. Mampu Keluarkan Racun dari Dalam Tubuh

    Teh serai telah lama dipercaya dapat memberi beragam hal baik bagi tubuh. Salah satunya adalah efek antioksidan yang mampu menangkal berbagai masalah kesehatan serius yang mungkin menyerang tubuh. 

    Bahkan, jika Anda rutin mendapatkan efek antioksidan, racun yang tersimpan dalam tubuh akan terbuang dan tak lagi mengancam kesehatan. 

    Oleh karena itu, agar tubuh senantiasa terjaga kesehatannya, mulai jadikan teh atau minuman sereh ini sebagai teman di waktu senggang Anda. Tentu akan jauh lebih bermanfaat dan hemat, bukan, ketimbang minuman kekinian yang tak jelas dampaknya untuk kesehatan?

  3. Ampuh Kontrol Tekanan Darah

    Tekanan darah tinggi menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Seperti, penyakit jantung dan juga stroke. Jika dibiarkan, bukan tak mungkin masalah tekanan darah tinggi dapat berakhir fatal pada penderitanya.

    Untungnya, kandungan kalium pada sereh yang tergolong tinggi dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Kandungan kalium tersebut mampu meningkatkan intensitas tubuh mengeluarkan urine. Hal ini ternyata mampu mengontrol tekanan darah agar tetap terjaga. 

  4. Kendalikan Kadar Kolesterol Darah

    Selayaknya tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang berlebih dalam darah juga menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh dan sudah seharusnya dihindari. Dalam kasus yang sudah parah, kadar kolesterol yang tak terkendali dapat berbuntut pada berbagai masalah kesehatan dan berakhir fatal hingga kematian.

    Dalam serai, terdapat kandungan yang berperan untuk membantu melancarkan aliran darah. Saat aliran darah menjadi lebih lancar, fungsi organ hati secara otomatis akan ikut terjaga dan membatasi proses penyerapan kolesterol di dalam tubuh. 

  5. Dapat Membakar Kalori dan Lemak Berlebih

    Tak sedikit orang yang menjaga kadar lemak dalam tubuhnya dengan begitu ketat karena dapat memengaruhi penampilan. Padahal, kenyataanya, membatasi kadar lemak dalam tubuh juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai potensi masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan lain sebagainya. 

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kadar lemak tubuh terkendali. Selain dengan berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan, mengonsumsi sereh juga ampuh untuk turunkan jumlah lemak berlebih dalam tubuh Anda.

    Penyebabnya karena tanaman ini mampu mendorong aktivitas metabolisme. Sehingga, proses pembakaran lemak dan kalori pun turut meningkat. 

    Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari masalah berat badan berlebih atau obesitas, hingga penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan lemak yang dapat memicu penyakit kardiovaskular atau jantung.

  6. Menjadikan Rambut dan Kulit Lebih Sehat

    Tak kalah bermanfaatnya, tanaman serai juga memiliki kandungan beberapa vitamin. Seperti vitamin C dan vitamin A yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. 

    Nah, jika Anda mendambakan kondisi rambut dan kulit yang tampak lebih sehat, jangan tunggu lebih lama lagi untuk membiasakan diri mengonsumsi seduhan sereh secara rutin. 

  7. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

    Masih seputar kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mengonsumsi tanaman wangi ini dengan teratur dapat membantu Anda menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh.

    Menjaga sistem imun tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh tak mudah terserang penyakit akibat infeksi bakteri atau virus. Jadi, mengonsumsi tanaman ini juga dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang merasa gampang sakit atau alergi. 

  8. Meredakan Berbagai Gejala Flu

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanaman serai dipercaya memiliki sifat anti jamur atau anti fungal dan anti bakteri. Dengan sifat menyehatkan tersebut, manfaat serai selanjutnya adalah membantu Anda sembuh dan terhindar dari penyakit flu.

    Mudah saja untuk bisa mendapatkan manfaat serai yang satu ini. Cukup dengan mengonsumsi teh sereh secara rutin dan teratur, gejala penyakit flu akan bisa langsung teratasi. Tidak hanya itu, teh sereh juga berkhasiat untuk memudahkan Anda mengeluarkan dahak serta aromanya yang khas dipercaya mampu mengatasi hidung tersumbat.

  9. Meringankan Rasa Nyeri Akibat Haid atau Menstruasi

    Haid atau menstruasi sudah menjadi agenda rutin yang dialami oleh kaum hawa setiap bulannya. Saat siklus tersebut tiba, tak jarang rasa nyeri atau sakit di area perut akan dirasakan. Bahkan, dalam beberapa kondisi, rasa nyeri tersebut bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. 

    Untuk mengatasinya, tak ada salahnya mencoba mengonsums air rebusan serai sekali waktu. Tak butuh waktu lama kandungan baik pada tanaman tersebut akan mulai bekerja dan meredakan rasa nyeri akibat haid, serta memberikan rasa lebih nyaman pada perut.

  10. Cocok Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

    Manfaat sereh untuk kesehatan yang terakhir adalah mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap terjaga. Kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama penyakit diabetes yang sering diderita oleh masyarakat yang jarang berolahraga dan tak menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Karenanya, diabetes ini menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia karena juga memiliki risiko kematian yang cukup tinggi. 

    Oleh karena itu, jika ingin kadar gula darah tetap stabil, konsumsi minuman atau makanan yang mengandung serai secara teratur mulai dari sekarang. 

Baca Juga: Inilah Segudang Manfaat Jamu yang Perlu Anda Ketahui

Tak Hanya Nikmat, Seduhan Sereh Juga Dapat Memberikan Beragam Manfaat Menyehatkan

Sebagian besar orang mungkin hanya mengganggap sereh sebagai kombinasi yang pas pada teh untuk meningkatkan aromanya. Padahal, di dalam tanaman herbal tersebut menyimpan segudang manfaat kesehatan yang tentu sayang untuk dilewatkan. 

Dengan pengolahan yang begitu simpel dan juga sering dijadikan campuran pada berbagai masakan, mendapatkan manfaat serai tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Nah, dari semua manfaat serai yang mampu menyehatkan tubuh tersebut, manakah yang paling menarik perhatian Anda saat ini?

Baca Juga: Inilah Beragam Manfaat Jahe yang Juga Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA