Rabu 10 Feb 2021 19:36 WIB

Langkah KNPI Kampanye Antirasis Dapat Dukungan KAHMI

KAHMI mengapresiasi langkah KNPI kampanye anti-rasis

KAHMI mengapresiasi langkah KNPI kampanye anti-rasis. Logo KNPI
KAHMI mengapresiasi langkah KNPI kampanye anti-rasis. Logo KNPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Langkah Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang konsisten mengkampanyekan penolakan rasisme, demi terjaganya keutuhan bangsa mendapat respons positif dari sejumlah pihak, salah satunya dari Majelis Nasional Korps Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI).

Kordinator Presidium Majelis Nasional Korps Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI), Viva Yoga Mauladi, mengatakan keanekaragaman suku, agama, dan asal-usul manusia adalah hak kodrati yang ada sejak lahir dan tidak boleh diganggu siapapun. 

Baca Juga

Menurut dia, siapapun yang mengganggu ras tidak saja melanggar hukum tetapi juga bertentangan dengan sunatullah sebagaimana keyakinan umat beragama. 

"Rasisme itu harus kita jauhi. Indonesia ini berdiri diatas keberagaman, baik itu secara bahasa, agama, budaya maupun suku. Jadi, rasisme itu tidak dibenarkan dan tidak mendapat tempat di negeri ini," kata Yoga kata dia dalam acara Silaturahim Kebangsaan bersama DPP KNPI, Rabu (10/2), di Kantor MN Kahmi, Jakarta.   

 

Menurutnya, MN KAHMI mempunyai semangat yang sama dengan DPP KNPI, terkait rasisme. Bagi KAHMI, perilaku rasisme, harus dijauhi dan dilawan.

"KAHMI hadir untuk menjaga kebinekaan dan persatuan, begitu juga dengan KNPI juga demikian. Makanya, bagi KAHMI, apa yang saat ini dikampanyekan KNPI, itu semangatnya sama, untuk menjaga keutuhan dan persatuan," ujar dia.  

Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama, dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada MN KAHMI yang terus mendukung kegiatan-kegiatan KNPI di seluruh Indonesia.  

Haris juga menyampaikan bahwa DPP KNPI saat ini tengah gencar-gencarnya menggelorakan dan mengkampanyekan penolakan rasisme.   

Hal itu dilakukan KNPI dengan cara mendatangi satu persatu organisasi Islam terbesar di Indonesia, dengan cara silaturahmi dan diskusi.   

"Kita kampanye antirasis, DPP KNPI ingin memberikan semangat pemuda di seluruh Indonesia untuk terus menjaga dan merawat kesatuan dan persatuan bangsa, bahwa kita ingin Indonesia ini bersatu tanpa rasis," kata dia. 

Dalam acara tersebut turut hadir pula pengurus MN KAHMI, Sekjen Manimbang Kahariady dan rombongan pengurus DPP KNPI.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement