Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Agensi Blackpink-BTS Kolaborasi Luncurkan Platform Streaming

Rabu 10 Feb 2021 19:21 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu artis dari agensi Big Hit Entertainment, BTS.

Salah satu artis dari agensi Big Hit Entertainment, BTS.

Foto: EPA
Kerja sama ini diyakini membuat para artis mampu bersaing di panggung global.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Big Hit Entertainment (agensi BTS), YG Entertainment (agensi Blackpink), Universal Music Group (UMG), dan Kiswe berkolaborasi meluncurkan platform live streaming. YG dan UMG menjadi investor bersama di KBYK Live, sebuah perusahaan gabungan yang diluncurkan Big Hit Entertainment dengan Kiswe, pada Rabu (10/2).

Melalui investasi YG dan UMG, KBYK Live berencana meluncurkan platform VenewLive dalam skala global bersama berbagai musisi, termasuk artis agensi. Big Hit dan Kiswe menandatangani nota kesepahaman (MOU) pada Mei 2020 dan meluncurkan perusahaan bersama pada September 2020.

Perusahaan gabungan tersebut meluncurkan platform streaming langsung digital VenewLive yang digunakan untuk mengadakan konser daring di Big Hit Entertainment. "Dengan tambahan YG dan UMG, VenewLive akan menjadi platform revolusioner yang menampilkan konser tingkat tinggi dari artis top global yang mewakili Big Hit, YG, dan UMG, dipadukan dengan teknologi inovatif Kiswe," kata perwakilan Big Hit dilansir di Soompi, Rabu (10/2).

VenewLive sebelumnya digunakan dalam konser daring BTS "Bang Bang Con: The Live" dan "BTS Map Of The Soul On: E". Konser tersebut menunjukkan kinerja audio dan video yang stabil meskipun penonton gabungan hampir satu juta penonton di seluruh dunia.

Konser itu juga menampilkan layanan 4K/HD dan multiview streaming yang menawarkan perspektif kamera berbeda dari artis di atas panggung, serta fungsi interaktif seperti live chat dan koneksi Bluetooth dengan light stick.

Berdasarkan teknologi canggih, VenewLive berencana menampilkan konten unik untuk setiap artis dan pengalaman konser yang disesuaikan untuk para penggemar. Konten itu mencakup berbagai elemen pertunjukan konser digital dalam bentuk yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing artis dan penggemar, termasuk berbagai fungsi interaktif sosial, seperti transmisi konser, pembelian merchandise resmi, dan live chat.

CEO KBYK Live, John Jay Lee, mengatakan VenewLive telah digunakan beberapa kali untuk mengadakan konser berskala besar. Layanan itu memberikan pengalaman digital unik kepada para penggemar melalui teknologi tingkat tinggi seperti multiview dan streaming 4K.

"Kami ingin teknologi ini membantu penggemar merasa lebih dekat dengan artis, serta membantu artis mengekspresikan energi unik mereka melalui panggung digital," ujar Lee.

Chief Operating Officer YG Entertainment, Choi Sung-joon meyakini kolaborasi itu memberi dampak positif pada artisnya agar mampu bersaing di panggung global. "Kami akan terus bekerja untuk mengembangkan layanan baru dan pengalaman interaktif yang beragam untuk penggemar global," kata Choi.

Kepala keuangan Universal Music Group, Boyd Muir, senang bisa bergabung dengan Big Hit, YG, dan Kiswe sebagai mitra di KBYK Live untuk memberikan lebih banyak kesempatan kepada artis dan penggemar UMG. "2020 adalah tahun di mana kami menyadari perlunya streaming langsung yang stabil dan inovatif," ujarnya.

CEO Kiswe, Mike Schabel, menjelaskan perusahaannya mengembangkan streaming video dan teknologi komunikasi penggemar sejak 2013. Melalui teknologi digital, perusahaan menembus batas arena konser dan membantu artis tampil untuk penggemar di seluruh dunia, serta membantu membuat penggemar menjadi bagian dari konser.

CEO Global Big Hit Entertainment, Yoon Suk-joon, mengatakan pekerjaan Big Hit untuk memaksimalkan pengalaman penggemar tidak hanya terbatas pada bisnis hiburannya, tetapi juga melalui pengenalan dan adopsi berbagai teknologi. Impian dan tujuan perusahaannya adalah menyediakan teknologi canggih yang stabil di setiap era, sehingga penggemar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dari konten artis, terlepas dari lingkungan mereka.

"Melalui upaya dan teknologi baru di berbagai bidang, kami akan terus meneliti cara memengaruhi pengalaman penggemar secara positif," kata Yoon.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA