Rabu 10 Feb 2021 19:13 WIB

Trik Atasi 'Creative Blocks' Selama Work From Home

Mengalami creative blocks saat bekerja tentu dapat mempengaruhi produktivitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Mengalami creative blocks saat bekerja tentu dapat mempengaruhi produktivitas (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay
Mengalami creative blocks saat bekerja tentu dapat mempengaruhi produktivitas (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengalami creative blocks saat bekerja tentu dapat mempengaruhi produktivitas. Terlebih bila pekerjaan yang sedang ditangani berpacu dengan waktu. Bagaimana cara mengatasinya?

Creative blocks pada dasarnya merupakan kondisi di mana seseorang tidak mampu mengakses ide-ide dan kreativitas di dalam dirinya, menurut Good Therapy. Kondisi ini lebih sering dialami oleh orang-orang dengan profesi yang menuntut kreativitas, seperti penulis, musisi, hingga seniman.

Baca Juga

Durasi terjadinya creative blocks bisa sangat beragam. Sebagian orang mungkin mengalami creative blocks dalam hitungan hari atau pekan, tetapi sebagian lainnya bisa mengalami kondisi tersebut hingga hitungan bulan dan bahkan tahun.

Penulis dan influencer Syahid Muhammad mengatakan setidaknya ada dua trik yang bisa dilakukan ketika seseorang mengalami creative blocks. Trik yang pertama adalah mencari beragam referensi.

"Cari referensi-referensi lain yang bisa trigger (memicu) kreativitas kita," ujar Syahid dalam peluncuran virtual Hevit-C Plus bersama PT Kalbe Farma Tbk, Rabu (10/2).

Trik yang kedua, lanjut Syahid, adalah beristirahat. Syahid mengatakan creative blocks bisa saja muncul sebagai sinyal bahwa tubuh sedang didorong terlalu keras untuk bekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement