Rabu 10 Feb 2021 18:28 WIB

Beginilah Nasib Si 'Raja Diesel' Isuzu Panther

IAMI saat ini lebih memilih untuk mengembangkan kendaraan komersial

Isuzu Panther
Foto: Dok: Isuzu
Isuzu Panther

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Teka teki soal nasib Isuzu Panther kini terjawab sudah. Setelah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI)memutuskan untuk tidak melanjutkan produksi kendaraan yang terkenal dengan slogan Rajanya Diesel tersebut. keputusan itu diambil setelah IAMI lebih memilih untuk mengembangkan kendaraan komersial yang dinilai lebih menguntungkan. 

Pihak IAMI mengakui Panther merupakan produk fenomenal dengan mesinnya yang tangguh dan irit. Kendaraan yang mulai mengaspal sekitar tahun 1990an ini cepat dikenal masyarakat luas karena efisiensi dan keandalan mesinnya. Mesin dieselnya yang berkapasitas 2.238 cc ini memiliki banyak penggemar di kelas MPV karena mudah perawatannya.

DNA Isuzu yang sudah terkenal sejak Isuzu Panther inilah yang dikembangkan pada kendaraan komersial Isuzu.  "Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah menjadikan Panther terhormat dalam kehidupan pelanggan," kata Marketing Division Head IAMI, Attias Asril dalam konferensi virtual, Rabu (10/2).

 

Namun pihak Isuzu tetap memiliki komitmen kepada pelanggan untuk terus menyediakan suku cadang Isuzu Panther. Menurut ketentuan pihak pabrik hanya memproduksi suku cadang bagi kendaraan dengan usia maksimal 8 tahun. Namun, hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Dalam prakteknya tidak sedikit kendaraan buatan tahun 1990an hingga 2000 yang masuk ke bengkel resmi untuk menjalani perawatan. "Konsumen tidak perlu khawatir," katanya. 

Pihak IAMI kini juga lebih memfokuskan untuk melanjutkan produksi kendaraan niaga maupun Isuzu MU-X yang lebih segar. Sejak diluncurkan 2018 hingga 2020 lalu, telah dilakukan sejumlah evaluasi. Ada sejumlah perbaikan terhadap MU-X terkait dengan sistem penjualan dan purna jual. Namun, karena pandemi Covid-19 perbaikan tersebut tersendat. "Nanti setelah diakhir tahun ada peluncuran All New MU-X diharapkan ada sejumlah perbaikan di penjualan,"katanya. 

Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Jap Ernando Demily di Jakarta, Rabu (10/2/2021) mengatakan, sesuai dengan tagline Isuzu, "Real Partner Real Journey", pihaknya terus berupaya menjadi mitra strategis pelanggan untuk mendukung kegiatan bisinis mereka lebih efektif dan efisien. Tahun ini pihaknya akan fokus ke layanan after sales, e commerce, 140 bengkel berjalan dan fasilitas lainnya.

Beralihnya kebiasaan masyarakat yang lebih banyak melakukan kegiatan bisnis secara daring, juga mendorong pihaknya untuk meningkatkan intensitas transaksi secara digital. "Kita juga menggunakan sosial media dan e commerce untuk melayani konsumen," katanya.  

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement