Rabu 10 Feb 2021 18:17 WIB

Tiktok Luncurkan Panduan Keamanan Siber Bagi Orang Tua

Panduan ini diberikan kepada orang tua agar memahami pengasuhan digital bagi remaja.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Toolkit Keamanan Keluarga Tiktok.
Foto: Tiktok.
Toolkit Keamanan Keluarga Tiktok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian pengguna aplikasi Tiktok merupakan golongan remaja. Untuk itu, Tiktok meluncurkan Toolkit Keamanan Keluarga Tiktok.

"Toolkit berisi panduan dan tool bagi orang tua dalam memahami pengasuhan anak secara digital sebagai upaya menciptakan lingkungan siber aman ini sudah dapat diakses di Pusat Keamanan Tiktok," kata Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha, Rabu (10/2).

Toolkit Keamanan Keluarga Tiktok berisikan 10 tip tentang pengasuhan digital pada anak remaja yang mudah diterapkan oleh orang tua untuk aktivitas di platform digital mana pun. "Harapannya toolkit ini bisa membantu beradaptasi di dunia digital, harus berperan karena kita semua ekosistem," ujar Donny.

Tiktok mengajak semua pihak melindungi diri dan anak remaja serta lingkungan terkait penggunaan internet dengan aman dan nyaman. Panduan praktis yang diluncurkan Tiktok sudah dapat diakses melalui situs resmi dan juga melengkapi fitur yang dihadirkan platform untuk kontrol orang tua terhadap anak.

"Ada panduan berapa lama main internet dan sebagainya, tinggal bagaimana kita mengenal, mempelajari, agar lebih tahu," kata dia.

Toolkit memberikan panduan lengkap mengenai alat keamanan keluarga yang dapat digunakan oleh orang tua. Termasuk, cara penggunaan Pelibatan Keluarga (Family Pairing), fitur yang memungkinkan akun orangtua dan akun anak remaja terhubung sehingga aktivitas daring mereka dapat terkontrol dengan baik.

Tiktok ingin tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk seluruh penggunanya. Diharapkan Toolkit Keamanan Keluarga TikTok ini bisa menjadi sumber edukasi sekaligus panduan pengasuhan digital yang komprehensif bagi para orang tua di Indonesia untuk menyadari pentingnya keamanan, keselamatan, dan privasi daring anak remaja.

Bagi keluarga yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keamanan daring, Tiktok telah menciptakan sejumlah sumber daya di Pusat Keamanan Tiktok, termasuk portal kaum muda, halaman orang tua, video edukasi keamanan, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, Tiktok telah meluncurkan serangkaian program dan tantangan, seperti #SamaSamaNyaman, #SamaSamaAman, dan #thinkb4youdo untuk meningkatkan kesadaran dan menjawab tantangan tentang keamanan daring.

Toolkit Keamanan Keluarga Tiktok dapat diakses dan diunduh pada Pusat Keamanan Tiktok mulai hari ini, bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement