Rabu 10 Feb 2021 18:06 WIB

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan cikal bakal berbagai penyakit mematikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kolesterol tinggi merupakan cikal bakal berbagai penyakit mematikan.
Foto: Newstoday
Kolesterol tinggi merupakan cikal bakal berbagai penyakit mematikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Merujuk data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol tinggi dari batas normal.

Kolesterol tinggi juga merupakan cikal bakal berbagai penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke. Karena itulah, penting untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Dilansir dari laman Eat This pada Rabu (10/2), berikut lima cara simpel untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga

1. Kurangi gula tambahan

Langkah termudah untuk menurunkan kolesterol adalah mengurangi asupan gula tambahan dari makanan dan minuman manis. Jadi Anda harus kurangi konsumsi soda atau minuman yang mengandung High Fructose Corn Syrup (HFCS). Kurangi juga konsumsi karbohidrat olahan seperti kue, sereal manis dan permen.

Studi yang diterbitkan Journal of American Medical Association juga menunjukkan bahwa ketika seseorang meningkatkan konsumsi gula, kolesterol baik (HDL) mereka kolesterol akan turun dan trigliserida (lemak darah yang terkait dengan penyakit kardiovaskular) naik. Walhasil itu akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Hindari lemak trans

Lemak trans dianggap jenis lemak terburuk untuk jantung, karena meningkatkan kadar kolesterol LDL. Lemak trans terdapat dalam banyak makanan olahan industri seperti margarin, snack hingga kue pabrikan.

Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) mengimbau agar konsumen lebih jeli dalam melihat label fakta nutrisi sebelum membeli makanan. Menurut catatan FDA, ada beberapa makanan yang mencantumkan nol lemak trans, padahal didalamnya masih terdapat kandungan lemak trans.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement