Rabu 10 Feb 2021 14:48 WIB

Survei Sebut Masyarakat Suka Pakai Paylater

Metode paylater telah menjadi alternatif solusi pengelolaan keuangan yang aman.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Belanja Online. Ilustrasi
Foto: Istimewa
Belanja Online. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitur Paylater atau Bayar Nanti semakin diminati oleh masyarakat. Hal tersebut diungkap dalam survei terbaru dari Research Institute of Socio-Economic Development (RISED) yang berjudul “Persepsi Pasar Indonesia Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater”.  

Metode layanan ini telah menjadi alternatif solusi pengelolaan keuangan bagi masyarakat yang aman dan mudah untuk pembiayaan aktivitas sehari-hari di masa pandemi. Ketua Tim Peneliti RISED dan Ekonom Universitas Airlangga, Rumayya Batubara menyampaikan, hasil temuan mengungkapkan bahwa sebesar 92 persen responden menyatakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) bermanfaat untuk mengelola pengeluaran dan arus kas.

Baca Juga

Penggunaan layanan ini sebelum dan selama pandemi Covid-19 juga berubah. Jumlah produk kesehatan yang dibeli menggunakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) naik lebih dari dua kali lipat saat pandemi dibanding sebelum pandemi.

Tidak hanya itu, terjadi peningkatan intensitas penggunaan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) sebelum dan selama pandemi. Peningkatan tersebut sebesar 22,52 persen bagi pengguna yang tergolong sangat sering dan sebesar 7,2 persen bagi pengguna yang tergolong sering menggunakan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater).

"Riset kami menunjukkan kehadiran layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) harus dipandang sebagai solusi alternatif pengelolaan keuangan, bukan hanya soal instrumen pembayaran," katanya dalam keterangan pers, Rabu (10/2).

Kehadiran layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) telah terbukti membantu konsumen mengatur arus kas (cashflow) dengan lebih baik. Terutama di masa pandemi yang penuh ketidakpastian sehingga konsumen bisa lebih leluasa mengatur budgeting dan merencanakan keuangan jangka panjang termasuk menabung.

Layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) saat ini banyak ditawarkan oleh platform digital yang bekerja sama dengan pihak ketiga penyedia layanan cicilan. Lebih dari 15 layanan e-commerce serta aplikasi on-demand yang menyediakan layanan ini, seperti Kredivo, Shopee Paylater, Traveloka, Gojek, Grab, dan Tokopedia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement