Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Digelar April, Oscar Mulai Umumkan Kategori Penghargaan

Rabu 10 Feb 2021 14:23 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Piala Oscar umumkan daftar singkat nominasi yang terdiri dari sembilan kategori.

Piala Oscar umumkan daftar singkat nominasi yang terdiri dari sembilan kategori.

Foto: Libreshot
Piala Oscar umumkan daftar singkat nominasi yang terdiri dari sembilan kategori.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Academy Awards alias Piala Oscar ke-93 dijadwalkan berlangsung pada 25 April 2021 di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Ajang penghargaan itu kini telah mengumumkan daftar singkat menuju nominasi.
 
Daftar singkat terdiri dari sembilan kategori. Ada fitur dokumenter (15), dokumenter singkat (10), film fitur internasional (15), makeup dan tata rambut (10), skoring orisinal (15), dan lagu orisinal (15). Turut diumumkan daftar singkat untuk film animasi pendek (10), film live action berdurasi singkat (10), dan efek visual (10). Proses pemungutan suara untuk daftar singkat itu telah rampung pada 5 Februari 2021.

Selanjutnya, tim bakal beranjak ke pemungutan suara resmi tahap pertama, yang akan berlangsung pada 5-9 Maret. Hasilnya mengerucut pada nominasi Oscar yang akan diumumkan pada 15 Maret 2021 mendatang.

Salah satu kategori, film fitur internasional, menyaring 15 judul dari deretan film yang mendaftarkan diri dari 93 negara. Jumlah itu adalah yang terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Piala Oscar yang selama ini berlangsung.

Anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences di seluruh cabang diundang untuk berpartisipasi dalam putaran awal pemungutan suara. Mereka harus memenuhi persyaratan menonton minimum agar memenuhi syarat untuk memilih dalam kategori.

Sementara, ada 10 film yang masuk daftar awal kategori efek visual. Semua anggota cabang di bidang efek visual akan diundang secara virtual untuk melihat cuplikan berdurasi 10 menit dari masing-masing film terpilih pada 6 Maret.

Setelah pemutaran tersebut, para anggota akan memilih untuk menominasikan lima film untuk pertimbangan Oscar terakhir. Beberapa judul dalam kategori ini cukup populer, seperti Mulan dan Birds of Prey.

Ada juga Bloodshot, Love and Monsters, Mank, The Midnight Sky, The One and Only Ivan, Soul, Tenet, serta Welcome to Chechnya. Sayangnya, beberapa film yang diprediksi masuk justru tidak ada dalam daftar.

Beberapa judul itu adalah Greyhound, The Invisible Man, serta Sonic the Hedgehog yang gagal menjadi jagoan di kategori efek visual. Ajang Oscar tahun ini agaknya akan menunjukkan sejumlah kejutan, dikutip dari laman Variety, Rabu (10/2).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA