Rabu 10 Feb 2021 12:15 WIB

Berhasil Tiba di Mars, Uni Emirat Arab Siap Lakukan 3 Misi

Probe Hope milik Uni Emirat Arab berhasil memasuki orbit Mars pada Selasa (9/2).

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi probe Uni Emirat Arab berhasil masuk ke orbit Mars
Foto: MBRSC
Ilustrasi probe Uni Emirat Arab berhasil masuk ke orbit Mars

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uni Emirat Arab (UAE) menjadi negara atau badan antariksa kelima yang menempatkan pesawat luang angkasa ke orbit di sekitar Mars.  Probe Hope berhasil memasuki orbit Mars pada Selasa (9/2).

Wakil Kepala Sains Msi Hope di Laboratorium Fisika dan Atmosfer di Colorado, David Brain mengatakan misi Mars Emirates akan menempatkan instrumen sains ke orbit baru untuk menyelidiki atmosfer Mars. Selain itu, Brain juga menjelaskan ada tiga aspek orbit sains yang penting dalam misi tersebut.

Baca Juga

Pertama, orbit ketinggian yang jauh lebih tinggi dari kebanyakan misi Mars lain memungkinkan instrumen dapat mengamati Mars dari perspektif global. Kedua, misi ini akan memiliki orbit seperti bulan di sekitar planet tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya. Jenis orbit tersebut dinilai bagus untuk sains. Pesawat akan selalu mengamati Mars dalam waktu yang sama.

“Bagian terakhir dari orbit yang penting di sini adalah elips. Terkadang pesawat luar angkasa dekat dengan Mars, terkadang jauh dari Mars. Jadi, ketika jauh dari Mars, ia bergerak perlahan di atas satu waktu dalam sehari sementara Mars berputar di bawahnya sehingga dapat mengamati banyak wilayah geografis pada satu waktu,” kata Brain, dilansir Space Flight Now, Rabu (10/2).

Ketika pesawat Hope mendekati Mars, kecepatannya bertambah dan bisa menyamai kecepatan Mars berputar pada porosnya. Hope dapat melayang di atas satu wilayah geografis seperti gunung berapi Olympus Mons dan mempelajari atmosfer di Mars berkali-kali dalam sehari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement