Selasa 09 Feb 2021 23:55 WIB

Hujar Deras, Tebing di Sukmajaya Depok Longsor

Longsor terjadi karena ada kerusakan pada saluran air tebing.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Jalan longsor (ilustrasi)
Foto: jurnalberita
Jalan longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Hujan deras yang mengguyur Kota Depok dalam beberapa hari ini menyebabkan bencana longsor tebing di RT 02 RW 06 Kelurahan Sukmajaya Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Ketua RT 02 RW 06 Kelurahan Sukmajaya, Syaiful menjelaskan, longsor terjadi Kamis (4/2).

"Longsor terjadi saat intensitas hujan cukup deras. Karena ada kerusakan pada saluran air di tebing tersebut dan curah hujan tinggi sehingga tidak dapat menahan air tersebut sehingga terjadi longsor," ujar Syaiful di Depok, Selasa (9/2).

Ia berkata, tebing sudah cukup lama berdirinya. Warga sangat berharap segera ada penanganan cepat agar tidak terjadi longsor susulan, karena dua tahun lalu dekat lokasi tersebut pernah terjadi bencana yang sama.

"Ada empat rumah yang ada di pinggir tebing ini, mudah-mudahan penanganannya cepat," kata Syaiful berharap.

Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok akan segera menindaklanjutinya dengan membersihkan puing-puing longsor. "Besok kami akan bersihkan dulu reruntuhan longsor lalu telusuri saluran air yang diduga menimbulkan masalah ini," ujar Koordinator Lapangan Satgas Banjir Dinas PUPR Kota Depok, Saiman menerangkan saat meninjau langsung lokasi longsor, Selasa (9/2).

Menurut Saiman, pihaknya akan menurunkan sebanyak delapan atau sembilan personel satgas untuk membersihkan reruntuhan. Estimasinya akan memakan waktu satu sampai dua hari.

"Untuk penanganan sampai bangunan selesai kembali tidak cukup waktu satu minggu, kami akan terus usahakan," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement