Selasa 09 Feb 2021 23:37 WIB

Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Rest Area

Kakorlantas mengecek persiapan prokes di Terminal Pulo Gebang jelang libur Imlek.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono (tengah)
Foto: Dok. Kor
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan protokol kesehatan (prokes) di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Hal itu dia lakukan menjelang arus libur Imlek pada akhir pekan.

"Hari ini kita cek, bagaimana langkah-langkah yang dilakukan Pulo Gebang untuk menerapkan penumpang umum harus dilakukan rapid test. Bisa juga dilakukan secara random," ujar Istiono dalam keterangan pers, Selasa (9/2).

Baca Juga

Menurut Istiono, pihaknya bersama para pihak terkait melakukan pengecekan kesiapan terminal jelang arus libur Imlek berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 yang mengatur soal PPKM Mikro. Dia ingin penerapan PPKM Mikro berjalan dengan baik, khususnya untuk para penumpang yang hendak berlibur Imlek.

"Ini kesiapan kita, terminal Pulo Gebang sudah siap untuk melakukan langkah-langkah prokes Covid-19 yang harus dilakukan oleh penumpang. Agar covid bisa ditekan secara maksimal," katanya.

Kakorlantas yang didampingi Kabag Ops Korlantas Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya, dan Dirut PT Jasa Raharja, menyatakan puas dengan penerapan prokes di terminal Pulo Gebang. Istiono mengatakan, prokes di terminal Pulo Gebang berjalan baik dengan adanya test GeNose C19.

"Kita lihat sama-sama GeNose rapid secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturannya khusus untuk Bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random. Kemudian untuk umum dan pribadi juga random," katanya.

Korlantas sendiri akan menggelar tes antigen secara acak di rest area yang ada di pulau Jawa, khususnya di jalan tol, untuk mengantisipasi libur panjang. Pengecekan secara acak tes antigen itu dilaksanakan untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement