Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Prabowo: Partai-Partai Lain adalah Saudara, Bukan Musuh Kita

Rabu 10 Feb 2021 02:56 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto.

Foto: EPA
Rivalitas antarpartai adalah hal yang alami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berpesan kepada kadernya untuk tidak menganggap partai lain sebagai musuh. Rivalitas, kata Prabowo adalah hal yang alami, tapi harus tetap menganggap mereka semua sebagai saudara.

"Partai-partai lain bukan musuh kita, itu adalah saudara-saudara kita. Rival-rival adalah baik, persaingan adalah baik, rivalitas itu alamiah, tapi rival politik bukan musuh politik," ujar Prabowo dalam acara peringatan HUT ke-13 Partai Gerindra yang dikutip dari akun Youtube-nya, Selasa (9/2).

Baca Juga

Kepada para kadernya ia meminta agar tetap bersikap sopan dan santun dengan partai lain. Prabowo mengingatkan kadernya agar tidak mengeluarkan pernyataan menghujat dan kasar.

"Saya minta Partai Gerindra selalu santun, selalu sopan, jangan menghujat, jangan pakai kata-kata kasar," ujar Prabowo.

Permasalahan bangsa harus diselesaikan dengan kebersamaan. Pasalnya saling membenci, bertikai, hingga mencari kesalahan orang lain tidak dapat menyelesaikan permasalahan saat ini.

"Saya menginginkan Partai Gerindra selalu menjadi partai yang mencari kebersamaan, yang mencari solusi kompromisitis, yang tidak egoistis, yang tidak mau menang sendiri, tapi mencari jalan keluar yang terbaik untuk semua pihak," ujar Prabowo.

Gerindra, diinginkan Prabowo, menjadi partai yang menjadi contoh dan disenangi rakyat. Ia mengutip pesan dari mantan Gubernur Jawa Timur Mohammad Noer, bahwa tugas seorang pemimpin ialah berjuang membuat rakyat kecil senyum dan tertawa.

"Kalau kita tidak bisa bantu beberapa orang, bantulah satu orang, dan kalau kita tidak mampu membantu satu orang, janganlah buat orang itu susah, jangan pernah buat orang lain susah," ujar Menteri Pertahanan itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA