Rabu 10 Feb 2021 02:13 WIB

Permudah Bekerja dari Jauh, Microsoft Perkenalkan Viva

Viva adalah platform terintegrasi Microsoft 365 dan Microsoft Teams.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Microsoft
Foto: EPA
Microsoft

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft Corp. mengumumkan Microsoft Viva. Viva dirancang untuk membantu karyawan belajar, tumbuh dan berkembang dengan pengalaman baru yang terintegrasi melalui produktivitas dan kemampuan kolaborasi di Microsoft 365 dan Microsoft Teams.

“Kami telah berpartisipasi dalam eksperimen kerja jarak jauh berskala terbesar yang pernah ada di dunia dan hal ini memberikan dampak dramatis pada pengalaman karyawan,” kata CEO Microsoft, Satya Nadella melalui siaran pers yang diterima oleh Republika.co.id, Senin (8/2).

Baca Juga

Pengumuman ini muncul karena tren ekonomi dan sosial yang mendorong perubahan dalam keterlibatan tenaga kerja. Di tengah pergeseran lingkungan kerja yang semakin terdistribusi dan digital, permintaan akan solusi yang mendukung budaya perusahaan (knowledge discovery), pembelajaran di tempat kerja dan kesejahteraan karyawan telah meningkat.

Microsoft Viva dibangun berdasarkan kekuatan Teams dan Microsoft 365 untuk menyatukan pengalaman karyawan (employee experience) di empat area utama. Empat area itu adalah connection, insight, learning dan topic.

Viva Connections menyediakan gateway ke tempat kerja digital. Karyawan dapat mengakses komunikasi internal dan sumber daya perusahaan serta berpartisipasi dalam komunitas seperti grup sumber daya karyawan. Semuanya dalam satu aplikasi yang dapat disesuaikan di Microsoft Teams. Viva Connections akan tersedia di desktop dalam bentuk pratinjau publik pada paruh pertama 2021 sedangkan versi aplikasi seluler akan hadir akhir tahun ini.

Viva Insights memberikan individu, manajer dan pemimpin suatu wawasan yang terpersonalisasi. Manajer dan pemimpin dapat melihat tren di tingkat tim dan organisasi, serta membuat rekomendasi untuk menyeimbangkan produktivitas dan kesejahteraan dengan lebih baik.

Viva learning membuat peluang pelatihan dan pengembangan profesional lebih mudah ditemukan dan dapat diakses saat bekerja. Mulai dari kursus pembelajaran tradisional hingga konten pembelajaran mikro, pengguna dapat menemukan, berbagi, menetapkan dan melacak berbagai pembelajaran sebagai bagian dari rutinitas harian.

Viva Topics memberikan pengalaman knowledge discovery yang membantu orang terhubung ke informasi dan pakar di seluruh perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement