Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Bangkitkan UMKM, Wali Kota Sukabumi Gulirkan Etalase Kita

Rabu 10 Feb 2021 08:07 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mempromosikan produk UMKM melalui media sosiap dengan program Etalase Kita, Selasa (9/2)

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mempromosikan produk UMKM melalui media sosiap dengan program Etalase Kita, Selasa (9/2)

Foto: istimewa
Daya beli masyarakat yang menurun akibat pandemi mempengaruhi bisnis UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi terus bergerak untuk membangkitkan sektor ekonomi khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan mendorong promosi produk UMKM melalui media sosial (medsos) milik wali kota Sukabumi Achmad Fahmi. "Pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya ekonomi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Selasa (9/2). Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku UMKM yang mengalami krisis ekonomi.

Di mana kata Fahmi, menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Sehingga diharapkan pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari upaya pemulihan terhadap sektor UMKM.

Sebab lanjut Fahmi, UMKM memiliki peranan penting terhadap perekonomian Indonesia terutama ketika terjadi krisis. Pemerintah pun telah menyadari untuk memulihkan UMKM melalui berbagai program dan bekerja sama menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. "Sehingga saya membuka Etalese Kita, bagi para pelaku UMKM di Kota Sukabumi yang mempunyai usaha, dan ingin di promosikan di IG/FB pribadi," kata Fahmi. Harapannya Etalase Kita ini bisa mewarnai di saat pandemi.

Selain itu kata Fahmi, bisa juga menjadi pengingat dan penyemangat bahwa penjual dan pedagang dipertemukan oleh promosi dan relasi. Targetnya produk UMKM asal Kota Sukabumi makin berkembang di tengah pandemi.

Sebelumnya, pada Juni 2020 lalu wali kota juga melakukan hal serupa untuk mempromosikan produk UMKM. Hasilnya ratusan pelaku UMKM yang mendaftar dan sebagian diantaranya telah ditampilkan di akun Instagram Wali Kota Sukabumi.

Hal ini kata Fahmi, sebagai bentuk nyata memberikan dukungan kepada UMKM untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19 ini. Tunjukkan produk UMKM dari Kota Sukabumi berkualitas dan mampu bangkit di tengah masa sulit.

Fahmi berharap, semoga dengan cara dan ikhtiar ini pulihkan Sukabumi bisa segera terwujud. Kondisi ini bisa terwujud dengan adanya kebersamaan dari semua pihak termasuk sektor UMKM yang terus bergerak di tengah masa sulit pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi Ayi Jamiat menambahkan, promosi serupa juga dilakukan di medsos milik dinasnya. Sehingga berbagai promosi UMKM ini akan membangkitkan ekonomi di Kota Sukabumi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA