Selasa 09 Feb 2021 19:49 WIB

Dubes China: Hubungan Indonesia-China Kian Erat

Indonesia dan China juga dinilai telah bahu membahu dalam melawan pandemi.

Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian.
Foto: Ist Kedubes China
Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menyebut bahwa hubungan Indonesia dan China semakin erat dan mencapai titik tertinggi dalam beberapa sektor kerja sama. Hubungan berjalan baik meski kedua negara telah menghadapi tekanan terkait dampak dari pandemi Covid-19.

“Pada tahun 2020, hubungan China dan Indonesia melalui tahun yang luar biasa. Di bawah perhatian dan promosi pemimpin negaranya, pemerintah dan rakyat kedua negara saling membantu dan mendukung untuk mengatasi kesulitan bersama,” kata Dubes Xiao Qian dalam taklimat pers yang digelar dari Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Eratnya hubungan kedua negara, menurut dia, tercermin melalui komunikasi Presiden China Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo yang telah berbincang melalui sambungan telepon sebanyak tiga kali. Keduanya juga saling menyurati satu sama lain pada hari peringatan hubungan diplomatik yang ke-70 pada 2020 lalu.

Selain itu, pejabat kementerian kedua negara juga telah saling berkunjung, termasuk Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan Menteri Luar Negeri Wang Yi yang telah mengunjungi Indonesia. Adapun Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga telah melakukan kunjungan ke China.

“Pertukaran tingkat tinggi kedua negara semakin erat dan saling kepercayaan terus diperdalam,” kata Dubes Xiao.

Dalam upaya melawan pandemi Covid-19, dia menyebut Indonesia dan China telah saling bahu-membahu. “Pada saat-saat kritis kala China melawan pandemi, pemerintah Indonesia menyediakan pasokan medis untuk membantu China. Setelah merebaknya pandemi di Indonesia, China segera menawarkan bantuan medis, dan berbagi pengalaman diagnosis dan perawatan tanpa reservasi,” ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement