Selasa 09 Feb 2021 19:40 WIB

TSTJ Kembali Dibuka untuk Pengunjung

Taman Satwa Taru Jurug mulai menerima pengunjung hari ini, Selasa (9/2).

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Solo Zoo atau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di Solo, Jawa Tengah. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Solo Zoo atau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di Solo, Jawa Tengah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di Solo kembali dibuka untuk pengunjung mulai Selasa (9/2) setelah sempat tutup sepekan. Pembukaan kebun binatang terbesar di Solo Raya tersebut menyusul pelonggaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang membolehkan anak-anak di atas lima tahun berkunjung ke tempat publik.

Direktur Perusahaan Daerah Taman Satwa Taru Jurug, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, menyatakan menyambut baik kebijakan tersebut. TSTJ juga sudah siap menerima pengunjung kembali. Meski pada prinsipnya, ada atau tanpa pengunjung, operasional berjalan normal.

"Dan kebetulan kami sudah mendapat sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety dan Environment) dimana itu kan gabungan dari protokol kesehatan dan konservasi yang ada di TSTJ, otomatis jika ada pengunjung secara sisi protokol kesehatan bisa terpenuhi," kata Bimo kepada wartawan, Selasa.

Mengacu pada Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/295 tertanggal 8 Februari 2021, operasional TSTJ mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Sebelumnya operasional sampai pukul 17.00 WIB. Sedangkan harga tiket sejak 1 Januari 2021 ditetapkan sebesar Rp 25 ribu per orang.

Selain itu, juga diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 30 persen. Pada akhir pekan sebelum pandemi Covid-19 jumlah pengunjung rata-rata 4.000 orang. Maka jumlah pengunjung dalam satu waktu dibatasi maksimal 1.200 orang.

"Ini fokusnya mencegah kerumunan dulu, anak-anak kan sudah boleh masuk, nanti kami akan fokus ketika pengunjung di dalam area TSTJ jaga jaraknya diberlakukan," imbuh Bimo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement