Selasa 09 Feb 2021 18:47 WIB

Virus Corona Diduga Beredar di Wilayah Lain Sebelum Wuhan

WHO belum dapat menyimpulkan dimana wilayah Covid-19 beredar sebelum Wuhan .

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Yudha Manggala P Putra
Laboratorium Virus di Wuhan, China.
Foto: google.com
Laboratorium Virus di Wuhan, China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Tim gabungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Cina menyebut virus corona penyebab Covid-19 mungkin telah beredar di wilayah lain sebelum diidentifikasi di Wuhan pada Desember 2019. Namun mereka belum dapat menyimpulkan di mana wilayah tersebut.

Seorang ahli di Komisi Kesehatan Cina Dr Liang Wannian mengungkapkan tidak ada penyebaran virus yang substansial di Wuhan sebelum pecahnya wabah pada akhir 2019. "Investigasi belum menemukan inang hewan yang bertanggung jawab untuk menularkan virus ke manusia," katanya pada Selasa (9/2), dikutip laman the Straits Times.

Dia menyebut penularan dari hewan mungkin saja terjadi. "Tapi sejauh ini inang reservoir masih harus diidentifikasi," kata Liang.

Kepala tim WHO Dr Peter Ben Embarek mengungkapkan penyelidikannya telah mengungkap informasi baru. Namun hal itu tidak secara dramatis mengubah gambaran wabah tersebut.

Dia menjelaskan pekerjaan untuk mengidentifikasi asal-usul SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 mengarah ke reservoir alami kelelawar. Kendati demikian, kecil kemungkinannya mereka berada di Wuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement