Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Kapan Orang Tua Harus Berhenti Telanjang di Depan Anak?

Rabu 10 Feb 2021 05:25 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Kapan Orang Tua Harus Berhenti Telanjang di Depan Anak?

Kapan Orang Tua Harus Berhenti Telanjang di Depan Anak?

Foto: AP / Elaine Thompson
Kapan orang tua harus berhenti telanjang di depan anak?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang tua yang memanjakan anaknya dengan selalu tidur satu kamar atau bahkan mandi bersama. Kebiasaan ini membuat anak mudah melihat orang tua dalam keadaan tanpa busana atau telanjang.

Dilansir dari About Islam, kebiasaan ini ditanyakan seorang ibu Muslimah kepada pakar tentang panduan Islam terkait hal ini. Khususnya mengenai waktu yang tepat untuk memisahkan kamar anak dan berhenti terlihat tanpa busana di depan anak.

Baca Juga

Ibu tadi juga mengaku suaminya merasa dijauhi sejak mereka memiliki anak. Namun, ia masih belum bisa melepas kebiasaan dengan anaknya, tapi ingin agar suami tetap merasa tidak ditinggalkan.

Seorang psikolog di Pusat Perawatan Kesehatan Komunitas Geneva B. Scruggs di New York Aisha Mohammad menjelaskan, waktu terbaik menghentikan kebiasaan itu adalah saat anak mulai mengembangkan kesadaran diri. Kondisi tersebut ditandai dengan perilaku anak yang ingin berpakaian sendiri hingga ketika si anak penasaran jika melihat organ seksual orang tuanya.

Dalam Alquran surat An-Nur ayat 59 disebutkan: "Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur baligh, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA