Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

TNI AD Terus Menambah RS Lapangan untuk Pasien Covid-19

Selasa 09 Feb 2021 16:26 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Mabesad, Jakarta Pusat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Mabesad, Jakarta Pusat.

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Menurut Jenderal Andika, RS lapangan merupakan upaya TNI AD bantu pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjelaskan, pembangunan rumah sakit (RS) lapangan merupakan upaya TNI AD membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

"Penambahan kapasitas ruang perawatan RS TNI AD hingga pembangunan RS lapangan merupakan upaya TNI AD untuk membantu pemerintah dalam menangani pasien Covid-19," kata Andika dalam  siaran di Jakarta, Selasa (9/2).

Hal tersebut disampaikannya saat video konferensi bersama pejabat komando utama, badan pelaksana pusat (balakpus), beserta jajaran TNI AD untuk membahas tentang penambahan kapasitas, sekaligus renovasi ruang perawatan sejumlah RS TNI AD.

TNI AD membangun RS lapangan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat, Benteng Vastemburg Solo, Jawa Tengah, dan Makorem 142/Tatag, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Selain itu, TNI AD juga menambah kapasitas sekaligus renovasi ruang perawatan di Rumah Sakit Bantuan Purwakarta dan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat.

"Rumah Sakit Lapangan di RSPAD kapasitasnya sekitar 80 bed, kemudian di Solo lebih besar dari RS Slamet Riyadi, dan pembangunan di Secapa AD pun dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Andika.

Pembangunan di empat titik tersebut merupakan dukungan TNI AD kepada pemerintah daerah dalam penanganan pasien Covid-19 yang makin hari jumlahnya terus bertambah. "Kebetulan, saat ini pemerintah membutuhkan tambahan ruangan perawatan sehingga tiap-tiap RS diimbau mengonversi, ruang perawatan yang tadinya (untuk) non-Covid-19 dijadikan Covid-19," kata Andika.

Dia menjelaskan, TNI AD tidak hanya mengonversi ruangan rumah sakit sesuai dengan arahan pemerintah, tetapi juga menambah kapasitas. "Mungkin tambahan bed ini pasti masih kurang, tetapi minimal tambahan ini sedikit meringankan, khususnya pemerintah daerah yang ada di sekitar empat titik tadi," ujar Andika.

Dalam video konferensi itu, Waka Instal RS Lapangan Letkol Shohibul Hilmi melaporkan perkembangan pendirian RS lapangan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. "Sampai saat ini tenda yang tergelar masih 10 unit karena kami fokus adalah pemadatan tanah di sekitar RS karena musim hujan agar penggunaan RS lapangan ini bisa efektif dan efisien selama musim hujan," katanya.

Selain itu, kata Shohibul, petugas juga sudah menyiapkan alat-alat kesehatan sehingga ketika semua tenda sudah terpasang, RS Lapangan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta siap untuk langsung dioperasikan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA