Selasa 09 Feb 2021 11:00 WIB

Kapal Perang TNI Latihan Bersama Prancis Di Selat Sunda

Kapal perang Indonesia latihan bersama Prancis di Selat Sunda

Kapal perang Angkatan Laut Indonesia KRI Rigel.
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Kapal perang Angkatan Laut Indonesia KRI Rigel.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Tiga Kapal Perang TNI Angkatan Laut (KRI) menggelar latihan Passing Exercise (PASSEX) bersama dengan kapal perang Perancis yang melintas di Selat Sunda pada Senin.

Seperti dikutip dalam keterangan resmi Komando Armada I TNI Angkatan Laut, pada Senin, latihan tersebut adalah bentuk pengawasan dan pengamanan terhadap kapal-kapal negara lain yang melintas di perairan Indonesia, khususnya di Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) ataupun Alur Pelayaran Selat Malaka hingga keluar perairan yurisdiksi nasional.

Komandan KRI Barakuda-633 Mayor Laut (P) Faisal Yanova Tanjung mengatakan latihan tersebut melibatkan tiga KRI dan dua kapal perang Prancis.

Kapal perang Indonesia yang terlibat ialah KRI Barakuda-633, KRI Tenggiri-865, KRI Cakalang-852.

Dari Prancis adalah FS Vendemiaire jenis fregat dan FS Emeraude yang merupakan kapal selam.

"Dalam latihan Passex tersebut dilaksanakan serial latihan Flashex (Flash Exercise), Flaghoist, Photoex (Photo Exercise), dan Mantak diakhiri dengan salam perpisahan (farewell pass).

"Selanjutnya kapal Prancis melanjutkan pelayaran," jelas Faisal.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan latihan ini juga berfungsi sebagai diplomasi militer,

"Dengan dilakukan latihan passing exercise seperti ini, diharapkan dapat mempererat hubungan internasional," tambah Abdul Rasyid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement